bar-merah

Aung San Suu Kyi dan Presiden Myanmar ditahan militer

Aung Sang Suu Kyi
Myanmar state counselor Aung San Suu Kyi has been detained along with other ruling party figures. Photograph: Martin Divíšek/EPA

ZONAUTARA.com – Aung San Suu Kyi, presiden Myanmar dan tokoh senior partai berkuasa lainnya telah ditahan oleh militer dalam penggerebekan dini hari, kata juru bicara partai pada hari Senin (1/2/201).

Juru bicara Myo Nyunt mengatakan kepada Reuters bahwa Suu Kyi, Presiden Win Myint dan para pemimpin lainnya telah “dibawa” pagi-pagi sekali.

“Saya ingin memberi tahu orang-orang kami untuk tidak menanggapi dengan gegabah dan saya ingin mereka bertindak sesuai dengan hukum,” kata Myo dikutip dari The Guardian, seraya menambahkan bahwa dia juga diperkirakan akan ditahan.

“Kami harus berasumsi bahwa militer melakukan kudeta,” kata seorang juru bicara partai.

Aung Sang Suu Kyi
Myanmar state counselor Aung San Suu Kyi has been detained along with other ruling party figures. Photograph: Martin Divíšek/EPA

Seorang anggota parlemen NLD, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena takut akan pembalasan, mengatakan salah satu dari mereka yang ditahan adalah Han Thar Myint, seorang anggota komite eksekutif pusat partai.

Saluran telepon ke Naypyitaw, ibu kota, tidak bisa dihubungi pada Senin dini hari. BBC melaporkan bahwa tentara berada di jalan di Yangon dan Naypyitaw. Seorang juru bicara militer tidak menjawab panggilan telepon untuk dimintai komentar.

Penggerebekan terjadi setelah militer negara itu meningkatkan ancaman melakukan kudeta karena tuntutan untuk penyelidikan atas dugaan kecurangan pemilih selama pemilu tahun lalu, yang dimenangkan oleh partai yang berkuasa Aung San Suu Kyi.

Penggerebekan terjadi hanya beberapa jam sebelum parlemen memulai sesi pertama setelah pemilihan November.

Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) memenangkan pemilihan November dengan telak, tetapi telah banyak dikritik oleh kelompok hak asasi karena pencabutan hak pilihnya di daerah yang dilanda konflik.

Oposisi yang berpihak pada militer menolak hasil tersebut, sementara militer selama berminggu-minggu menuduh ketidakberesan pemilih yang meluas, mengklaim telah menemukan 8,6 juta kasus kecurangan.

Juru bicara militer pekan lalu Mayjen Zaw Min Tun mengatakan bahwa panglima militer Min Aung Hlaing – bisa dibilang orang paling kuat di Myanmar – telah menunjukkan “ketidakjujuran dan ketidakadilan” selama pemilihan.

“Kami tidak mengatakan Tatmadaw akan mengambil alih kekuasaan. Kami tidak mengatakan tidak akan juga,” kata juru bicara itu.

Pemungutan suara pada November adalah pemilu kedua yang diperebutkan secara terbuka sejak Myanmar muncul pada 2011 setelah hampir 50 tahun dikuasai pemerintahan junta.

Tetapi militer masih memegang peran besar dalam politik negara, mempertahankan kendali atas kementerian utama berkat konstitusi yang diatur oleh junta yang menentukan perjanjian pembagian kekuasaan yang tidak mudah dengan pemimpin de facto Aung San Suu Kyi.

Pada hari Senin, duta besar Kanada untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Bob Rae, mengatakan “tidak ada pembenaran untuk penahanan militer terhadap Aung Sang Suu Kyi”.

“Militer Burma – Tatmadaw – harus dimintai pertanggungjawaban,” katanya.

John Sifton, direktur advokasi Asia di Human Rights Watch mengatakan: “Junta militer yang memerintah Myanmar selama beberapa dekade tidak pernah benar-benar mundur dari kekuasaan sejak awal … Mereka tidak pernah benar-benar tunduk pada otoritas sipil, jadi peristiwa hari ini di beberapa pengertian hanya mengungkapkan realitas politik yang sudah ada. “

Dia meminta Amerika Serikat untuk memberlakukan sanksi ekonomi yang tegas dan terarah.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com