Short story, Presiden AS: George Washington (1789-1797)

  • Share
George Washington
Presiden Amerika Serikat George Washintong (Sumber: Wikipedia)

ZONAUTARA.comGeorge Washington (22 Februari 1732 – 14 Desember 1799) adalah Presiden pertama Amerika Serikat, setelah memimpin Tentara Kontinental meraih kemenangan atas Kerajaan Inggris Raya dalam Perang Revolusi Amerika (1775-1783).

Washington dipilih menjadi panglima tertinggi pasukan revolusioner Amerika pada tahun 1775. Tahun berikutnya, dia memaksa Inggris keluar dari Boston, tetapi dikalahkan ketika dia kehilangan New York City pada akhir tahun itu.

Dia menghidupkan kembali perjuangan patriotik, dengan menyeberangi Sungai Delaware di New Jersey dan mengalahkan pasukan musuh yang terkejut. Sebagai hasil dari strateginya, pasukan Revolusioner menangkap dua tentara tempur utama Inggris – Saratoga dan Yorktown.

Setelah berunding dengan Kongres, negara kolonial, dan sekutu Prancis, ia mengumpulkan tentara yang lemah dan negara yang rapuh di tengah ancaman disintegrasi dan kegagalan. Setelah perang berakhir pada 1783, Washington pensiun dan memilih pergi ke perkebunannya di Gunung Vernon.

Pada akhir 1780-an karena khawatir akan stituasi negara baru di bawah Artikel Konfederasi, dia memimpin Konvensi Philadelphia yang menyusun Konstitusi Amerika Serikat pada 1787.

Baca Pula:  PPKM diperpanjang, kenali perbedaan isolasi dan karantina mandiri

Washington menjadi Presiden Amerika Serikat pada 1789 dan menumbuhkan banyak kebiasaan dan penggunaan departemen eksekutif pemerintah baru. Dia berusaha untuk menciptakan negara besar yang mampu bertahan di dunia yang tercabik-cabik oleh perang antara Inggris dan Prancis.

Proklamasi Netralitas 1793-nya memberikan dasar untuk menghindari keterlibatan dalam konflik luar negeri.

Ia mendukung rencana membangun pemerintah pusat yang kuat dengan mendanai utang negara, menerapkan sistem perpajakan yang efektif, dan menciptakan bank nasional.

Washington menghindari godaan perang dan memulai satu dekade perdamaian dengan Inggris melalui Perjanjian Jay pada 1795; dia menggunakan gengsi untuk membuatnya diratifikasi atas oposisi yang intens dari Jeffersonians.

Meskipun tidak pernah secara resmi bergabung dengan Partai Federalis, dia mendukung program-programnya dan menjadi pemimpin yang inspiratif. Pidato perpisahan Washington terutama tentang kebajikan republik dan peringatan keras terhadap keterlibatan dalam perang asing.

Quote terkenal:

“I am embarked on a wide ocean, boundless in its prospect and from whence, perhaps, no safe harbor is to be found.”

“Associate with men of good quality if you esteem your own reputation; for it is better to be alone than in bad company.”

“Discipline is the soul of an army. It makes small numbers formidable; procures success to the weak, and esteem to all.” (Disiplin adalah jiwa dari sebuah pasukan. Itu membuat sejumlah kecil orang menjadi tangguh; menghasilkan kesuksesan bagi yang lemah, dan harga diri bagi semua.)

Baca Pula:  3 vitamin ini meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi

“I hope I shall always possess firmness and virtue enough to maintain what I consider the most enviable of all titles, the character of an Honest Man.” (Saya berharap saya akan selalu memiliki keteguhan dan kebajikan yang cukup untuk mempertahankan apa yang saya anggap paling berharga dari semua gelar, yaitu karakter Orang Jujur.)

“I walk on untrodden ground. There is scarcely any part of my conduct which may not hereafter be drawn into precedent.”

Ikuti biografi Presiden Amerika Serikat lainnya:
  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com