ZONAUTARA.comThomas Jefferson (13 April 1743 – 4 Juli 1826) adalah Presiden ketiga Amerika Serikat. Dia juga merupakan penulis utama Deklarasi Kemerdekaan (1776), dan salah satu Bapak Pendiri yang paling berpengaruh atas promosinya tentang cita-cita Republikan di Amerika Serikat.

Peristiwa besar selama masa kepresidenannya termasuk Louisiana Purchase (1803) dan Ekspedisi Lewis dan Clark (1804-1806).

Sebagai seorang filsuf politik, Jefferson adalah mengenal banyak pemimpin intelektual di Inggris dan Prancis. Dia mengidealkan kehidupan petani kecil yang independen sebagai teladan kebajikan republik, kota dan pemodal yang tidak dipercaya.

Jefferson menyukai hak negara bagian dan pemerintah federal yang sangat terbatas. Jefferson mendukung pemisahan gereja dan negara dan dia merupakan penulis Statuta Virginia untuk Kebebasan Beragama (1779, 1786).

Dia adalah eponim demokrasi Jeffersonian dan salah satu pendiri dan pemimpin Partai Demokrat-Republik, yang mendominasi politik Amerika selama seperempat abad dan merupakan pendahulu dari Partai Demokrat modern.

Jefferson menjabat sebagai Gubernur Virginia pada masa perang (1779-1781), Sekretaris Negara Amerika Serikat pertama (1789-1793) dan Wakil Presiden kedua (1797-1801).

Sebagai seorang polymath, Jefferson meraih berbagai capaian, antara lain, ahli hortikultura, negarawan, arsitek, arkeolog, paleontologi, penulis, penemu dan pendiri University of Virginia.

Ketika Presiden John F. Kennedy menyambut empat puluh sembilan pemenang Hadiah Nobel di Gedung Putih pada tahun 1962, dia berkata, “Saya pikir ini adalah kumpulan bakat dan pengetahuan manusia yang paling luar biasa yang pernah dikumpulkan bersama di Gedung Putih – dengan kemungkinan pengecualian saat Thomas Jefferson makan sendirian.

Beberapa quote

“I hold it that a little rebellion now and then is a good thing, and as necessary in the political world as storms in the physical.” — Letter to James Madison, Jan. 30, 1787

“… I have sworn upon the altar of God, eternal hostility against every form of tyranny over the mind of man.” — Letter to Benjamin Rush, Sept. 23, 1800

“Determine never to be idle. No person will have occasion to complain of the want of time who never loses any. It is wonderful how much may be done if we are always doing.” — Letter to his daughter Martha, May 5, 1787

“I hold it that a little rebellion now and then is a good thing, and as necessary in the political world as storms in the physical.” — Letter to James Madison, Jan. 30, 1787

Ikuti biografi Presiden Amerika Serikat lainnya:



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id