Short story, Presiden AS: Andrew Jackson (March 4, 1829 – March 4, 1837)

  • Share
presiden ke-7 amerika serikat

ZONAUTARA.comAndrew Jackson (15 Maret 1767 – 8 Juni 1845) adalah Presiden ke-7 Amerika Serikat. Dia juga gubernur militer Florida (1821), komandan pasukan Amerika di Pertempuran New Orleans (1815), dan eponim dari era demokrasi Jacksonian.

Dia adalah tokoh polarisasi yang mendominasi politik Amerika pada tahun 1820-an dan 1830-an. Ambisi politiknya dikombinasikan dengan massa membentuk Partai Demokrat modern. Dijuluki “Old Hickory” karena dia terkenal karena ketangguhannya. Jackson adalah Presiden pertama yang terkait dengan perbatasan, saat dia mendasarkan karirnya di Tennessee. Badan legislatif Tennessee menominasikan Jackson sebagai Presiden pada tahun 1822.

Pada tahun 1824, Partai Republik Demokratik menjadi satu-satunya partai yang berfungsi. Kandidat presidennya telah dipilih oleh kaukus pencalonan Kongres informal, tetapi ini menjadi tidak populer. Pada tahun 1824, sebagian besar Demokrat-Republik di Kongres memboikot kaukus. Mereka yang hadir mendukung William H. Crawford untuk Presiden dan Albert Gallatin untuk Wakil Presiden. Sebuah kebaktian di Pennsylvania menominasikan Jackson sebagai Presiden sebulan kemudian, pada 4 Maret.

Hasil pemilu pun membingungkan. Selain Jackson dan Crawford, John Quincy Adams dan Ketua DPR Henry Clay juga merupakan kandidat. Jackson menerima suara paling populer (tapi bukan mayoritas, dan empat negara bagian tidak memiliki surat suara populer).

Baca Pula:  PPKM diperpanjang, kenali perbedaan isolasi dan karantina mandiri

Suara pemilihan dibagi empat cara, dengan Jackson kembali memiliki pluralitas. Karena tidak ada calon yang memperoleh suara mayoritas, pemilihan dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat yang memilih Adams.

Jackson mengecam hasil ini sebagai “tawar-menawar korup” karena Clay memberikan dukungannya kepada Adams, yang kemudian menunjuk Clay sebagai Menteri Luar Negeri. Jackson menyerukan penghapusan Electoral College dalam pesan tahunan pertamanya kepada Kongres sebagai Presiden. Namun, kekalahan Jackson mengikis kredensial politiknya, karena banyak pemilih percaya bahwa “tokoh rakyat” telah dirampok oleh “bangsawan korup di Timur.”

Jackson mengundurkan diri dari Senat pada Oktober 1825, tetapi melanjutkan pencariannya untuk Presidensi. Legislatif Tennessee kembali mencalonkan Jackson sebagai Presiden. Jackson menarik Wakil Presiden John C. Calhoun, Martin Van Buren, dan Thomas Ritchie ke kampnya (dua pendukung Crawford sebelumnya).

Van Buren, dengan bantuan dari teman-temannya di Philadelphia dan Richmond, menghidupkan kembali Partai Republik yang lama, memberinya nama baru, “memulihkan persaingan partai”, dan membentuk organisasi ketahanan nasional. Koalisi Jackson dengan mudah mengalahkan Adams pada tahun 1828.

Baca Pula:  3 vitamin ini meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi

Quote penting

“Without union our independence and liberty would never have been achieved; without union they never can be maintained.” — Second Inaugural Address, March 4, 1833

“The Federal Constitution must be obeyed, state rights preserved, our national debt paid, direct taxes and loans avoided, and the Federal Union preserved.” — First Inaugural Address

“One man with courage makes a majority.”

“Any man worth his salt will stick up for what he believes right, but it takes a slightly better man to acknowledge instantly and without reservation that he is in error.” (“Setiap orang yang berharga akan mempertahankan apa yang dia yakini benar, tetapi dibutuhkan orang yang sedikit lebih baik untuk langsung mengakui dan tanpa ragu bahwa dia salah.”)

“As long as our government is administered for the good of the people, and is regulated by their will; as long as it secures to us the rights of persons and of property, liberty of conscience and of the press, it will be worth defending.”

Ikuti biografi Presiden Amerika Serikat lainnya:
  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com