bar-merah

Angka kelahiran di China merosot 15% pada tahun 2020

kelahiran
Ilustrasi dari Unsplash.com
15%

angka kelahiran

Jumlah kelahiran di China pada 2020 turun dibanding tahun 2019

53%

laki-laki

Saat ini lebih banyak laki-laki yang lahir di China dibandingkan perempuan

ZONAUATARA.com – Dampak dari kebijakan satu anak selama beberapa dekade dan perubahan sikap sosial tentang keluarga dan pernikahan mendorong penurunan angka kelahiran di China. Menurut para ahli terjadi penurunan angka kelahiran sekitar 15% pada tahun 2020.

Para ahli demografi mengatakan alasan rendahnya angka kelahiran, salah satunya disebabkan tingginya biaya perumahan dan pendidikan, dan meningkatnya penolakan pernikahan di kalangan wanita muda. Pada 2019, tingkat pernikahan mencapai titik terendah dalam 14 tahun.

Data yang dirilis pada Senin, oleh Kementerian Keamanan Publik China, menunjukkan jumlah pencatatan kelahiran baru pada tahun 2020 adalah 10,035 juta, dibandingkan dengan 11,8 juta pada tahun 2019. Angka 2019 menandai titik terendah sejak Republik Rakyat China didirikan pada 1949.

Angka pendaftaran – yang tidak selalu mencerminkan semua kelahiran karena beberapa mungkin terlewat, disembunyikan atau ditunda – juga menyoroti ketidakseimbangan gender yang terus berlanjut. Hampir 53% kelahiran adalah laki-laki, dengan sekitar 545.000 lebih banyak lahir daripada perempuan.

Penurunan angka kelahiran telah memicu peringatan bagi ekonomi China karena populasinya menua dengan cepat tanpa dukungan yang memadai untuk semua lansia. Sekitar sepertiga dari populasi diperkirakan berusia di atas 60 tahun pada tahun 2050, dan laporan tahun 2019 oleh Akademi Ilmu Sosial China mengatakan dana pensiun negara kemungkinan akan kehabisan uang pada tahun 2035.

Prof Peter McDonald, dari Universitas Melbourne, mengatakan angka-angka itu adalah bukti terbaru dari kesulitan demografis China.

Dia mengatakan dampak berkelanjutan dari virus corona akan relatif kecil karena angka kelahiran telah turun selama bertahun-tahun dan total populasi sudah berada pada kurva menurun, meskipun ada pencabutan kebijakan satu anak yang kontroversial pada tahun 2016.

“Ini menunjukkan bahwa tingkat kesuburan di China mencerminkan apa yang terjadi di masyarakat, orang hanya benar-benar menginginkan jumlah anak yang sedikit,” kata McDonald. “Bahkan di daerah di mana kebijakan satu anak tidak diterapkan, angka kelahirannya rendah.”

McDonald mengatakan kebijakan satu anak telah menanamkan perasaan negatif tentang anak-anak dan menciptakan situasi di mana nilai sebagai orang tua rendah.

Kedua, ada 200 juta penduduk yang harus meninggalkan desa dan bekerja di kota, meninggalkan anak-anak mereka di desa. Ini memengaruhi nilai hubungan orang tua dan anak. “

Zhang Lijia, seorang penulis, jurnalis dan pengamat sosial, mengatakan ada perubahan sikap pada wanita – terutama yang hidup di perkotaan dan berpendidikan tinggi – yang tidak lagi menganggap pernikahan dan menjadi orang tua sebagai “bagian penting dalam hidup atau bagian penting dari kehidupan yang bahagia “.

“Dengan kata lain, ini tentang pilihan. Pendidikan yang lebih baik, pendapatan yang lebih tinggi, dan lebih banyak pilihan karier memberi para wanita ini kebebasan untuk memilih gaya hidup yang mereka inginkan. Mereka cukup tegas untuk menahan tekanan dari orang tua mereka untuk menghasilkan anak. Dan masyarakatnya lebih toleran dari sebelumnya. “

Pada wanita yang tidak memiliki keinginan mendapatkan anak, ada hambatan sosial lainnya. Xiong Jing, seorang aktivis feminis yang tinggal di China, mengatakan bahwa sistem dukungan sosial untuk ibu baru masih kurang, dengan cuti yang tidak memadai, diskriminasi gender di tempat kerja, biaya tinggi dan daya saing dalam pengasuhan anak, dan tekanan sosial pada perempuan untuk menjadi pengasuh utama.

“Ada istilah di China, yang secara kasar diterjemahkan sebagai ‘Anda membesarkan anak seperti Anda tidak memiliki pasangan’, karena tanggung jawab utamanya berada pada ibu,” katanya.

“Jika China benar-benar ingin menyelesaikan masalah ini, mereka harus mengerahkan lebih banyak sumber daya ke dalamnya.”

Xiong juga mencatat bahwa memiliki anak masih sangat terkait dengan pernikahan, baik secara budaya maupun dalam kebijakan, dan menyarankan pemerintah dapat meningkatkan akses ke layanan reproduksi untuk wanita lajang dan pasangan sesama jenis atau belum menikah.

“[Pemerintah] menginginkan anak-anak, tetapi mereka menginginkannya dalam keluarga heteroseksual tradisional.”

Pemerintah telah mencoba mendorong pasangan untuk memiliki lebih banyak anak, tetapi sebuah studi tahun 2017 menemukan 50% keluarga dengan satu anak tidak berniat memiliki anak kedua.

Gambaran lengkap angka kelahiran tahun 2020 diharapkan dirilis pada bulan April, dengan rilis statistik penduduk akhir dari biro statistik nasional, serta hasil sensus 2020. Namun angka tersebut sejalan dengan tren terkini, statistik tingkat provinsi, dan ekspektasi regional tentang dampak pandemi terhadap angka kelahiran. Beberapa kota dan daerah mencatat penurunan lebih dari 25%, tulis Liang Jianzhang, seorang profesor ekonomi di Sekolah Manajemen Guanghua Universitas Peking.

“Jika angka kesuburan tidak bisa dinaikkan secara signifikan, penurunan ini tidak akan berhenti,” ujarnya.

Sumber:
Artikel | The Guardian
Data | Our world in Data



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com