bar-merah

Internet di Myanmar diblokir, kendaraan lapis baja masuki kota

kudeta di Myanmar
Armoured vehicles have appeared on the streets of several cities, including Yangon (pictured)

ZONAUTARA.com – Internet di Myanmar diblokir pada Minggu malam, beberapa jam setelah kendaraan lapis baja meluncur ke beberapa kota, memicu kekhawatiran akan nasib pengunjuk rasa dan peringatan dari para diplomat.

Kendaraan lapis baja muncul di jalan-jalan Yangon, Myitkyina dan Sittwe pada hari Minggu, rekaman langsung yang disiarkan secara online oleh media lokal, dalam unjuk kekuatan terbesar sejauh ini oleh militer sejak melancarkan kudeta pada 1 Februari.

Kedutaan Besar AS di Myanmar memperingatkan pada Minggu malam tentang “gerakan militer” yang dilaporkan di kota utama negara itu, Yangon, dan mengatakan pihaknya memperkirakan gangguan terhadap akses internet.

Sekitar pukul 1.30 pagi, layanan pemantauan internet Netblocks melaporkan bahwa konektivitas internet nasional telah turun hingga 14% dari biasanya. Kontak di Myanmar tidak dapat dihubungi melalui email atau aplikasi perpesanan.

Kedutaan Besar AS mendesak warganya untuk berlindung pada Minggu malam waktu setempat setelah tiga kendaraan lapis baja terlihat di kota itu untuk pertama kalinya sejak kudeta militer.

Kedutaan juga mengatakan ada “kemungkinan gangguan telekomunikasi dalam semalam antara pukul 01.00 dan 09.00” (18.30 hingga 2.30 GMT).

Rekaman video dan foto yang tidak diverifikasi yang diposting di media sosial juga menunjukkan truk militer membawa pasukan di jalan-jalan Yangon.

Beberapa duta besar di Myanmar, termasuk utusan dari Uni Eropa, AS, Inggris dan Kanada, mengeluarkan pernyataan pada Minggu malam menyuarakan keprihatinan mereka tentang penutupan dan serentetan penangkapan aktivis, pegawai negeri dan pemimpin politik selama seminggu terakhir. .

“Kami meminta pasukan keamanan untuk menahan diri dari kekerasan terhadap demonstran dan warga sipil, yang memprotes penggulingan pemerintah sah mereka,” kata pernyataan itu.

“Kami mendukung rakyat Myanmar dalam pencarian demokrasi, kebebasan, perdamaian dan kemakmuran. Dunia sedang menonton. “

Internet diblokir Sabtu lalu ketika gerakan protes mulai terbentuk, tetapi pulih setelah 24 jam.

Para demonstran, kebanyakan anak muda, telah menggunakan internet untuk mengorganisir, mendokumentasikan protes mereka dan merekam tindakan polisi, termasuk saat menembakkan peluru karet ke kerumunan dan, dalam beberapa kasus, menggunakan peluru tajam.

Puluhan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan di kota-kota terbesar Myanmar pada hari kesembilan demonstrasi anti-kudeta.

Penguasa militer juga menghadapi pemogokan oleh pegawai pemerintah, bagian dari kampanye pembangkangan sipil terhadap kudeta yang menggulingkan pemerintah sipil yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi.

Tentara dikerahkan ke pembangkit listrik di negara bagian utara Kachin, yang mengarah ke konfrontasi dengan para pengunjuk rasa, beberapa di antaranya mengatakan mereka yakin tentara bermaksud untuk memutus aliran listrik.

Pasukan keamanan membuang tembakan untuk membubarkan pengunjuk rasa di pabrik di ibu kota negara bagian Kachin, Myitkyina. Insiden itu disiarkan langsung di Facebook, meskipun tidak jelas apakah mereka menggunakan peluru karet atau peluru tajam.

Dua jurnalis dari The 74 Media, yang disiarkan langsung dari situs konfrontasi, ditangkap bersama dengan tiga jurnalis lainnya, kata kantor berita itu dalam sebuah postingan di Facebook.

Banyak pengunjuk rasa di seluruh negeri mengangkat gambar wajah Aung Sun Suu Kyi. Penahanannya, dengan tuduhan mengimpor walkie-talkie, akan berakhir pada hari Senin. Pengacaranya, Khin Maung Zaw, tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Lebih dari 384 orang telah ditahan sejak kudeta, kata kelompok pemantau Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, dalam gelombang penangkapan yang sebagian besar dilakukan pada malam hari.

“Sementara komunitas internasional mengutuk kudeta tersebut, Min Aung Hlaing menggunakan setiap alat yang dia miliki untuk memicu ketakutan dan ketidakstabilan,” kata aktivis Wai Hnin Pwint Thon dari kelompok hak asasi yang berbasis di Inggris Burma Campaign UK di Twitter, mengacu pada panglima militer .

Banyak pengunjuk rasa di Yangon membawa tanda-tanda yang menyerukan pihak berwenang untuk “menghentikan penculikan orang di malam hari”.

| The Guardian



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com