bar-merah

Jumlah orang super kaya di Indonesia akan semakin banyak

Crazy rich
Ilustrasi dari Freepik.com

ZONAUTARA.com – Perusahaan properti Knight Frank Wealth Report 2021 yang bermarkas di London, Inggris memperkirakan Indonesia akan memiliki semakin banyak jumlah orang super kaya.

Jumlah orang super kaya itu bahkan diperkirakan akan melebihi jumlah orang super kaya di China dalam lima tahun ke depan.

Mengherankan memang, di tengah pandemi Covid-19, jutsru jumlah crazy rich Indonesians malah akan semakin banyak.

Knight Frank Wealth Report 2021, menunjukkan jumlah peningkatan tahunan orang super kaya akan naik 67 % dalam lima tahun ke depan sampai 2025.

“Jumlah orang dengan nilai individual ultra tinggi yakni mereka dengan kekayaan US$30 juta ke atas (Rp427 miliar) diperkirakan akan meningkat 67,2 % dalam lima tahun ke depan,” kata Victoria Garret, kepala unit residensial Knight Frank untuk Asia-Pasifik kepada wartawan BBC News Indonesia, Endang Nurdin, Jumat (26/02).

“Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan China daratan yang diperkirakan hanya akan tumbuh sekitar 46,3 %,” tambahnya.

Tetapi dari sisi jumlah individu, menurut Victoria, orang super kaya di China pada 2025 diperkirakan menjadi 103.000 sementara Indonesia sekitar 1.000.

Laporan Knight Frank ini secara resmi akan diluncurkan pada Selasa (02/03) dengan kategori kekayaan di atas Rp427 miliar termasuk aset rumah.

Tidak ada rincian di sektor mana saja orang super kaya ini akan muncul, namun faktor pendorong adalah populasi muda.

“Tak ada informasi rinci dari sektor mana saja individu ini muncul, namun yang dapat kami katakan adalah dalam jangka panjang, perekonomian Indonesia akan tumbuh pesat karena besarnya populasi muda dan meningkat pesatnya kelompok menengah.”

“Faktor-faktor inilah yang dapat bertahan pada jangka panjang. Selain itu, faktor ini terkait juga dengan meningkat pesatnya sektor konsumen dan individu-individu yang terkait sektor ini adalah mereka yang menikmati keuntungan ini.”

“Salah satu contoh adalah Go-Jek yang berkembang dari aplikasi transportasi menjadi aplikasi super untuk pembayaran dan pesan antar,” kata Victoria lagi.

Victoria juga mengatakan program vaksinasi (yang dimulai Januari lalu) akan membantu pemulihan ekonomi Indonesia karena “sentimen di lapangan membaik dan akan membuka jalan pertumbuhan kemakmuran.”

Istilah crazy rich

Istilah crazy rich banyak digunakan setelah film Crazy Rich Asians diluncurkan pada 2018 lalu,

Warganet Indonesia banyak yang berkisah tentang pertemanan mereka dengan orang-orang super kaya di Indonesia, “crazy rich Indonesians”, khususnya di Surabaya, sampai muncul tagar #crazyrichsurabayans.

Tagar ini mulai ramai setelah seorang guru di sekolah elit mengisahkan keluarga muridnya yang berlibur ke Eropa dan vaksin di Jepang, berkelana dengan mudahnya ke seluruh dunia.

Juga ada cerita soal perkawinan orang super kaya di Surabaya dengan ratusan tamu yang hadir, mendapat kesempatan untuk ikut undian berhadiah mobil Jaguar.

Saat itu, pengantin pria dilaporkan melamar dengan bantuan flash mob ratusan orang di sebuah resor di Makau.

| Suara.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com