Short story, Presiden AS: Rutherford B.Hayes (1877-1881)

3 mins read
Presiden AS ke-19 Rutherford Birchard Hayes
Presiden Amerika Serikat ke-19 Rutherford Birchard Hayes (Foto: Britannica)

ZONAUTARA.comRutherford Birchard Hayes (4 Oktober 1822 – 17 Januari 1893) adalah seorang politikus Amerika, pengacara, pemimpin militer dan Presiden Amerika Serikat kesembilan belas (1877-1881).

Hayes terpilih sebagai Presiden dengan satu suara elektoral setelah pemilihan yang sangat disengketakan pada tahun 1876. Kehilangan suara populer dari lawannya, Samuel Tilden, Hayes adalah satu-satunya presiden yang pemilihannya diputuskan oleh komisi kongres.

Selama komando Resimen ke-23 dari Relawan Infanteri Ohio itulah Hayes bertemu dengan William McKinley, yang kemudian menjadi Presiden ke-25 Amerika Serikat. Hayes mempromosikan McKinley dua kali di bawah komando militernya, termasuk sekali untuk tindakan berani di Antietam.

Selama pemilihan gubernur pertama Hayes di Ohio, McKinley terlibat dalam kampanye politik dan kampanye untuk pemilihan Hayes dengan berpidato di wilayah Kanton. Kemudian, sebagai Gubernur Ohio, Hayes memberikan dukungan politik untuk sesama Republikan dan Ohio selama upaya McKinley untuk pemilihan kongres. Hayes bisa dibilang salah satu pendukung politik terkuat yang mendasari keberhasilan militer dan politik McKinley.

Baca Pula:  Pasal RUU KUHP Terkait Kebebasan Pers

Karena 4 Maret 1877 adalah hari Minggu, Hayes mengambil sumpah jabatan di Ruang Merah Gedung Putih pada 3 Maret, menjadi presiden pertama yang mengambil sumpah jabatan di Gedung Putih.

Upacara ini diadakan secara rahasia, karena pemilihan tahun sebelumnya sangat memecah belah sehingga Presiden Grant yang keluar takut akan pemberontakan oleh pendukung Tilden dan ingin memastikan bahwa setiap upaya Demokrat untuk membajak upacara pelantikan publik akan gagal, Hayes telah dilantik.

Secara pribadi, Hayes kembali mengambil sumpah di depan umum pada tanggal 5 Maret di East Portico Capitol Amerika Serikat, dan menjabat sampai 4 Maret 1881. Kutipan Hayes yang paling terkenal adalah, “Dia yang melayani partainya dengan baik, adalah orang yang melayani negaranya dengan baik,” berasal dari karyanya tahun 1877. Alamat Pelantikan.

Baca Pula:  Short story, Presiden AS: Ulysses S. Grant (1869-1877)

Selama masa kepresidenannya, Hayes menandatangani sejumlah dokumen termasuk satu yang ditandatangani pada tanggal 15 Februari 1879 yang, untuk pertama kalinya, memungkinkan pengacara wanita untuk memperdebatkan kasus di hadapan Mahkamah Agung Amerika Serikat.

Quote penting:

“He serves his party best who serves his country best.”

“An amazing invention – but who would ever want to use one?” ~ after making a call from Washington to Pennsylvania with Alexander Graham Bell’s telephone, patented on 7 March 1876

“Coming in, I was denounced as a fraud by all the extreme men of the opposing party, and as an ingrate and a traitor by the same class of men in my own party. Going out, I have the good will, blessings, and approval of the best people of all parties . . .”


KONTEN KERJASAMA ZONAUTARA dengan RCTI+

Ikuti biografi Presiden Amerika Serikat lainnya:
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com