bar-merah

Penemu website: “Banyak anak muda belum terhubung ke web”

akses internet
Ilustrasi dari Freepik.com

ZONAUTARA.com– Penemu website Tim Berners-Lee mengatakan bahwa saat ini masih banyak sekali anak muda yang belum bisa mengakses website. Barners-Lee dalam sebuah suratnya untuk menandai lebih dari 30 tahun kehadiran website di internet menulis, bahwa ada sekitar 2,2 miliar anak muda yang harus mendapat prioritas agar bisa terhubung ke website.

Berners-Lee terutama menyorot masa sesudah pandemi Covid berakhir. “Sesudah pandemi ada kesempatan untuk menata kembali dunia kita dan menciptakan sesuatu yang lebih baik, agar akses internet bisa dilakukan oleh sepertiga orang berusia antara 15 hingga 24 tahun yang saat ini tidak terkoneksi dengan internet,” tulus Barners-Lee.

“Pengaruh kaum muda dirasakan di seluruh komunitas dan jaringan online mereka,” tulis Berners-Lee. “Tapi hari ini kita hanya melihat sebagian kecil dari apa yang mungkin. Karena saat kita berbicara tentang generasi digital natives, terlalu banyak anak muda yang tetap terkucilkan dan tidak dapat menggunakan web untuk membagikan bakat dan ide mereka.

“Sepertiga anak muda sama sekali tidak memiliki akses internet. Banyak lagi yang kekurangan data, perangkat, dan koneksi andal yang mereka butuhkan untuk memanfaatkan web secara maksimal. Faktanya, hanya sepertiga dari mereka yang berusia di bawah 25 tahun yang memiliki koneksi internet di rumah, menurut Unicef, membuat 2,2 miliar anak muda tanpa akses stabil yang mereka butuhkan untuk belajar online, yang telah membantu begitu banyak orang lainnya melanjutkan pendidikan mereka selama pandemi,” tambah Barners-Lee.

Meskipun orang muda lebih cenderung memiliki akses internet dibandingkan warga negara global pada umumnya – kira-kira separuh dunia online, tetapi angka tersebut meningkat menjadi 70% dari orang berusia antara 15 hingga 25 tahun.

Berners-Lee berpendapat bahwa menghubungkan setiap orang muda di dunia ke web akan menuai keuntungan. Dia juga mengatakan melakukannya akan relatif murah dibandingkan dengan biaya banyak program pemerintah yang diluncurkan selama 12 bulan terakhir. Dia memperkirakan bahwa investasi sebesar USD428 miliar selama dekade berikutnya akan menyediakan semua orang koneksi broadband berkualitas.

Rosemary Leith, yang ikut mendirikan Web Foundation dengan Berners-Lee, mengatakan akses ke web seharusnya menjadi hak dasar bagi kaum muda, serupa dengan pendidikan.

“Jika separuh generasi muda tidak dapat menggunakan alat untuk berkembang di dunia digital – untuk mempelajari keterampilan baru, menjalankan bisnis, membangun komunitas, berpartisipasi dalam debat demokratis – masyarakat secara keseluruhan akan kehilangan bakat, ide, dan upaya,” kata Leith.

Kebutuhan agar anak-anak muda bisa online ditunjukkan selama pandemi Covid-19, ketika negara-negara di seluruh dunia beralih ke pembelajaran jarak jauh. Pemerintah Inggris dituduh gagal memenuhi janjinya untuk menyediakan laptop bagi murid-murid yang lebih miskin berbulan-bulan setelah lock-down nasional.

“Lebih dari tiga perempat siswa kelas 10 kami tidak memiliki akses, secara teratur dan konsisten, ke perangkat atau internet di rumah,” kata Steve Howell, kepala sekolah di sekolah City of Birmingham, pada bulan Juni. “Murid yang paling kurang beruntung paling terpukul, dan fakta bahwa hal ini memakan waktu lama benar-benar memperburuk keadaan.”

The Guardian



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com