Bekerjasama dengan AMSI Sulut, KPU Minut perkuat peran kehumasan dan antisipasi hoax

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Pelatihan yang digelar oleh KPU Minut berkerjasama dengan AMSI Sulut. (Foto: Humas KPU Minut)



ZONAUTARA.com – Sebuah langkah maju diambil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara dalam memperkuat peran kehumasan di instansinya. Bertempat di Hotel Swiss Bell Manado, Rabu-Kamis (31/3 – 1/4/2021), digelar Workshop Penulisan Berita, Tata Kelola Kontennya dan Antisipasi Hoax sebagai Peningkatan Kapasitas Bakohumas KPU Minahasa Utara.

Kegiatan ini menggandeng Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sulawesi Utara yang konsisten memerangi hoax atau berita bohong lewat program unggulan Cek Fakta.

Adapun AMSI Sulut yang diketuai Agustinus Hari (Pemimpin Redaksi Barta1.com) menghadirkan sejumlah materi menarik yang mesti dikuasai praktisi kehumasan, diantaranya Penulisan Artikel Berita (Kehumasan) – Teori dan Praktik oleh Ady Putong (Koordinator Liputan Barta1.com); Mengenal Hoax dan Perkembangannya oleh Sekretaris AMSI Sulut Supardi Bado (Pemimpin Redaksi Sulawesion.com); Tata Kelola Konten Media Sosial dalam Membentuk Citra Instansi oleh Fahmi Gobel; Perkembangan Media, Etika dan Peran Humas di Era Disrupsi oleh Finda Muhtar (Pemimpin Redaksi BeritaManado.com) serta Optimalisasi Humas dalam Pencegahan dan Antisipasi Hoax (Cek Fakta) oleh Ronny Buol (Pemimpin Redaksi ZonaUtara.com).

Ketua Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM KPU Minut Darul Hallim ketika menutup kegiatan mengatakan, penguatan fungsi kehumasan sangat bermanfaat bagi KPU terlebih dalam menjalin hubungan kelembagaan. Disadari Darul, Humas dapat meningkatkan citra dan reputasi instansi di mata publik.

“Makanya saya harap, semua yang ikut kegiatan ini harus menyerap ilmu dengan baik karena materi yang diberikan sangat bermanfaat,” pesan Darul.

Sementara itu, Ketua AMSI Sulut Agustinus Hari mengatakan, AMSI Sulut menyelengarakan cek fakta pada Pilkada 9 Desember 2020 untuk menekan peredaran misinformasi dan disinformasi selama masa pemilihan kepala daerah.

“Berita bohong dalam bentuk misinformasi dan disinformasi banyak muncul selama pesta demokrasi. Karena itu, peran media sebagai rujukan masyarakat sangat penting dengan melakukan Cek Fakta,” kata Agus.

Ia menekankan penting bagi pers termasuk humas untuk menjalankan fungsi edukasi kepada publik.

“AMSI tidak bisa bekerja sendiri menjalankan hal ini, sehingga perlu kolaborasi dengan banyak stakeholder agar hoaks bisa dicegah dari hulunya,” pungkasnya.

Di akhir kegiatan, dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) AMSI Sulut dan KPU Minahasa Utara tentang peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bakohumas KPU Minut.

Seluruh rangkaian kegiatan workshop selama dua hari berlangsung menarik. Selain menerima materi, peserta juga dilatih langsung membuat berita, serta mengenal berbagai tools yang mempermudah pengecekan fakta serta pemaksimalan publikasi berita kelembagaan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com