Nama Henk Ngantung, seniman Sulut diusul jadi nama jalan di Tomohon

Media Sindikasi
Penulis Media Sindikasi
Henk Ngantung. FOTO/Wikicommon



ZONAUTARA.com – Meskipun belum didaulat sebagai pahlawan, namun Henk Ngantung sebagai sosok putera asal Nyiur Melambai yang terkenal sebagai seniman patut diapresiasi. Nama lengkapnya Hendrik Hermanus Joel Ngantung, lahir pada 1 Maret 1921

Henk Ngantung memiliki kenangan tersendiri bagi Kota Tomohon. Dikenal melalui karya seninya yang mendunia, bahkan masuk dalam bagian sejarah pemimpin DKI Jakarta yang merupakan ibu kota negara. Sehingga dianggap layak diabadikan sebagai nama jalan di kota kecil yang terletak di kaki gunung Lokon.

Henk Ngantung juga merupakan salah seorang tokoh pelaku yang memerjuangkan dan merebut kemerdekaan RI melalui seni lukis. Dia tidak hanya dikenal setelah diangkat Presiden Soekarno sebagai Gubernur DKI Jakarta yang berangan-angan menjadikan ibu kota berbudaya, tapi seniman yang otodidak ini telah mengisi dan menjadi bagian sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Karya historisnya, telah mengabadikan dan merekam sejumlah peristiwa bersejarah penting bangsa dengan peran tokoh-tokoh perjuangan kemerdekaan.

Salah satu penggiat seni lukis Tomohon Arie Tulus menuturkanm bahwa sebagai orang Tomohon dirinya sangat sangat setuju dengan jika nama Henk Ngantung dijadikan nama jalan.

“Karena Henk Ngantung dalam barisan tokoh nasional, dia bukan hanya sebagai seniman, tapi sebagai pejuang yang ikut secara langsung dalam berbagai peristiwa penting di masa-masa kemerdekaan Indonesia. Lihat saja apa yang pak Henk abadikan melalui sketsa-sketsa yang dibuatnya secara langsung pada berbagai moment. Itu sebagai karya monumental,” jelas Tulus, Selasa (18/5/2021).

zonautara.com
Letak rumah kembar Huize Maria dan Huize Ester di Matani sebagai tempat tinggal Henk Ngantung saat bersekolah di Tomohon

Dosen Fakultas Bahasa dan Seni Unima ini juga menambahkan beberapa karya brilian dari Henk Ngantung selain melukis.

“Beberapa karya patung yang di desain pak Henk hingga saat ini masih ada. Tugu pembebasan Irian Barat, tugu selamat datang di bundaran HI, bahkan logo lambang Kostrad pak Henk yang desain,” lanjut PD III FBS Unima ini.

Di kompleks simpang tiga Tugu Tololiu Matani di Tomohon yang mengarah ke Tondano terdapat papan nama Henk Ngantung yang telah dipasang. Ini menandakan sepanjang jalan tersebut diupayakan menjadi penghargaan kepada sosok seniman tersebut. Apalagi jalur ini akan melintas di depan rumah kenangan semasa Henk Ngantung mengenyam pendidikan di Matani.

“Biasanya jalan dari nama-nama pahlawan, namun Henk Ngantung merupakan tokoh terbaik Sulawesi Utara, menjadi gubernur DKI pertama beragama Kristen dan asal tanah Nyiur Melambai. Dengan sudah adanya papan nama tersebut, tentunya akan kami teruskan ke pimpinan terkait usulan ini,” ujar Lurah Matani Tiga Priscilia Sakul menanggapi.

Walikota Tomohon Caroll Senduk menanggapi terkait usulan penamaan jalan di Tomohon itu. Menurut Senduk akan diatur kembali.

“Untuk tahapan itu kita akan mengawali dengan sosialisasi ke masyarakat terlebih dahulu, sebagai bentuk penghargaan bagi mereka yang berjasa, sah-sah saja,” terang Senduk. (Wan)

| KanalMetro.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com