10 obat alami kembalikan indra penciuman saat corona

  • Share
Obat herbal alami
Ilustrasi pengobatan alami (Foto: Unsplash/Katherine Hanlon)

ZONAUTARA.com – Hilangnya indra penciuman atau anosmia adalah kondisi saat hidung tidak bisa mencium bau atau tidak peka.

Anosmia terjadi ketika saraf yang bertugas mengirimkan sinyal dari hidung ke otak mengalami kerusakan, sehingga pengidap anosmia tak bisa mencium aroma makanan, aroma bunga dan parfum, bahkan sampai tak menyadari bahaya kebakaran atau gas bocor.

Hilangnya indra penciuman ini merupakan salah satu gejala terkena virus corona. Selain itu penyebab anosmia bisa karena hidung tersumbat, masalah pada sinus, tumor di dekat saraf penciuman, dan cedera otak.

Untuk anosmia Covid-19, kondisi hidung tidak bisa mencium bau bisa berlangsung dalam hitungan hari sampai berbulan-bulan lamanya.

Sebenarnya gejala ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun prosesnya berbeda pada setiap orang, ada yang sembuh dalam beberapa hari, namun ada juga yang mencapai hitungan bulan.

Baca Pula:  Kasus Covid-19 alami penurunan tiga hari berturut, ada 6.727 kasu baru pada 4 September

Ternyata ada beberapa pengobatan herbal alami yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengembalikan indra penciuman.

Berikut 10 pengobatan alami untuk kembalikan indra penciuman yang dilansir dari CNBC Indonesia:

1. Peppermint

Peppermint digunakan sebagai ramuan obat yang diandalkan untuk mengobati gejala pilek dan flu. Rasanya yang pedas segar membantu melegakan pernapasan sehingga bisa mengembalikan fungsi penciuman dengan efektif.

Peppermint juga banyak direkomendasikan sebagai cara mengembalikan indra penciuman. Pertama, rebus daunnya dan olah jadi teh lalu minumlah setidaknya 2-3 kali sehari untuk hasil maksimal.

Kedua, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam air mendidih. Lalu hirup uapnya untuk menghilangkan hidung tersumbat.

2. Biji karom

Menggunakan ajwain, atau biji karom dianggap sebagai obat terpercaya untuk melawan pilek dan alergi. Rempah-rempah asal India ini, dikatakan dapat meningkatkan fungsi indera penciuman dan kemampuan seseorang untuk mencium.

Baca Pula:  Ini sebaran kasus Covid-19 pada 3 Agustus, 3 provinsi diatas 4.000 kasus

Salah satu pengobatan rumahan menyarankan untuk membungkus sesendok biji karom dengan kain atau serbet dan kemudian menghirup aromanya sambil menarik napas dalam-dalam. Ini dapat dicoba beberapa kali sehari.

Bawang putih / Foto: Freepik.com

3. Bawang putih

Bawang putih telah muncul sebagai obat anti-virus dan penambah kekebalan yang kuat selama pandemi. Bawang putih juga mengandung khasiat yang meringankan pembengkakan dan peradangan di sekitar saluran hidung, memudahkan pernapasan dan akhirnya, membantu memulihkan indera penciuman dan rasa lebih cepat.

Ambil 2-3 siung bawang putih lalu rebus hingga airnya mendidih. Minum hasil rebusan ini dua kali dalam sehari hingga lidah kembali bisa mencecap rasa. Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam agar rasanya tidak terlalu menyengat.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com