ZONAUTARA.com – Pelajar dan mahasiswa kini sudah masuk tahun ajaran baru, namun pandemi Covid-19  masih belum berakhir membuat proses belajar masih terus dilakukan dalam jaringan atau online.

Namun saat ini rasa bosan mulai terasa akibat belajar di rumah tanpa bertemu dan berinteraksi langsung dengan teman-teman sekelas, sehingga membuat semangat belajar semakin lama kian menurun.

Lantas bagaimana membangkitkan semangat belajar online agar tak lagi menurun? Berikut 4 tips yang dapat dilakukan untuk tetap bisa semangat menuntut ilmu walau di rumah saja, dikutip dari IDN times.

1. Make over ruang belajarmu

Salah satu pemicu kebosanan saat belajar online itu bisa dipengaruhi oleh suasana ruang belajar kamu lho. Makanya, penting banget nih atur dan pilih dekorasi untuk di meja maupun ruangan yang bisa meningkatkan mood belajar.

Kamu bisa pajang foto, tanaman mini di atas meja belajar, jam kerja, aksesori aesthetic dan sebagainya. Oh iya, posisi meja juga bisa kamu pindah. Pilih spot dekat jendela agar pandanganmu gak mudah bosan sekaligus bisa mendapat sirkulasi udara.

2. Coba mulai terapkan kegiatan mindfulness

Metode mindfulness ini sering dipakai untuk meredakan stres dan gangguan kecemasan. Buat kamu pelajar dan mahasiswa yang merasa gelisah,, bisa lakukan salah satu aktivitas mindfulness untuk melatih pikiran dan otot. 

Caranya dengan bersepeda, mengangkat beban, yoga dan sebagainya. Apapun aktivitas fisiknya diharuskan untuk bergerak dan bernapas. Hal ini membuat darah mengalir dengan lancar dan menguatkan setiap sel di tubuh. Selain itu juga menyinkronkan tubuh, pikiran, serta sistem saraf.

3. Menyiapkan starter pack belajar jadi salah satu tanda kamu ready

Aktivitas tahunan ini masih kamu lakukan  sampai sekarang? Menyiapkan buku tulis baru, membeli alat tulis, dan peralatan lainnya dalam rangka menyambut tahun ajaran baru. Ternyata, tanpa kamu sadari hal ini bisa jadi salah satu tanda kamu sudah siap belajar lagi.

Bedanya, tahun ini kamu masih sekolah dan kuliah online. Starter pack belajar kamu satu nambah deh yaitu gadget. Biasanya kamu lebih sering pakai smartphonetablet atau laptop nih? Oh iya, sebelum belajar pastikan gadget tersebut performanya stabil. Jika gadget tersebut lemot sampai mengganggu proses belajar.

4. Sharing kendala selama kamu belajar ke orang tua, guru atau teman dekat

Komunikasi jadi salah satu kunci agar proses belajarmu nantinya bisa lancar. Kalau ada masalah jangan dipendam sendiri ya, kamu bisa sharing sama orang tua, guru, kakak, saudara, atau teman dekat.

Selama pandemik ini, kesehatan mental rentan terserang sehingga bisa berdampak sama semangat belajarmu.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id