bar-merah

Kenali kebiasaan buruk pekerja ketika WFH, anda salah satunya?

Ilustrasi WFH (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Mengalihkan semua pekerjaan yang awalnya di kantor menjadi di rumah memang menjadi tantangan tersendiri bagi pekerja.

Work From Home (WFH) memang memberi kelonggaran dan fleksibilitas bagi pekerjanya, namun, hal tersebut dapat menimbulkan kebiasaan-kebiasaan buruk bagi pekerjanya. Apa saja?

Plugable melakukan survey pada 2000 orang dewasa di Amerika yang sedang melakukan WFH dan menemukan bahwa terdapat empat kebiasaan buruk yang sering dilakukan ketika WFH. Di antaranya berbelanja online, bermain sosial media, menonton Netflix, dan melakukan hal-hal yang tidak penting di luar rumah.

Dari penelitian tersebut pula, diketahui bahwa hanya satu dari enam orang yang menunjukkan tidak melakukan kebiasaan buruk. Karyawan teladan tersebut memiliki kecenderungan untuk disiplin, berorientasi pada pekerjaan, dan teratur.

Sadar atau tidak sadar, kebiasaan-kebiasaan buruk apa yang sering dilakukan para pekrja ketika WFH? Dan bagaimana solusinya?

Bersembunyi ketika rapat

Bekerja tentunya tak asing dengan kebiasaan rapat. Untuk mendiskusikan berbagai macam hal, rapat menjadi salah satu media yang baik dalam bertukar informasi dan melakukan evaluasi.

Namun, adanya WFH membuat rapat tatap muka tak bisa serta-merta dilakukan. Maka rapat daring menjadi solusi untuk saat ini. Fitur mematikan microfon, tidak menyalakan kamera saat rapat, merupakan salah satu indikasi kebiasaan buruk yang telah anda lakukan. Rekan maupun bos anda tidak pernah tahu apa yang anda lakukan di balik layar laptop.

Dengan menutup diri dengan cara demikian, maka tidak ada ide-ide yang bisa anda bagi dan diskusikan. Jika anda salah satu yang menerapkan kebiasaan ini, sebaiknya anda mengubahnya dan lebih fokus ketika rapat. Tuangkan ide-ide brilian anda saat rapat demi kemajuan bersama.

Tak ada komunikasi, anda menghilang secara tiba-tiba

Komunikasi adalah kunci yang penting dalam sebuah pekerjaan. Karena semua komunikasi dilakukan melalui daring, baik chat atau telfon, anda tidak bisa semena-mena menghilang agar menghindari urusan pekerjaan.

Jika anda secara tidak sadar melakukannya, ubah kebiasaan buruk itu dan komunikasikan semuanya dengan rekan maupun atasan anda.

Jika pun terdapat keperluan sehingga tidak bisa selalu berada di jangkauan internet, anda bisa mengatakannya kepada rekan kerja anda.

Tidak menetapkan agenda dan tidak teratur

Ketika rapat, jangan sampai anda tidak tahu materi apa yang harus disampaikan maupun didiskusikan. Buat catatan sebelum memulai rapat.

Buat juga jadwal teratur yang dapat diikuti semua karyawan dan rekan-rekan anda. Jangan sembarangan membuat agenda dan memberi informasi secara mendadak jika tidak ada hal yang mendesak. Lebih baik semuanya berjalan teratur dan sesuai jadwal.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com