bar-merah

Tak cuma hardskill, softskill ini penting untuk dikuasai saat menghadapi pandemi

Ilustrasi (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Pandemi Covid-19 dengan cepat mengubah pola kegiatan masyarakan saat ini. Sudah berlangsung lebih dari satu tahun, pandemi juga mempercepat kebutuhan akan keterampilan para tenaga kerja.

Saat ini, para pekerja dituntut untuk melakukan re-skilling atau pelatihan baru untuk beriringan dengan kebutuhan perusahaan.

McKinsey melakukan survey tentang kegiatan reskilling, dan sebagian besar mengatakan bahwa perlu diadakan reskilling untuk meningkatkan keterampilan pekerja. Yang menarik, hasilnya menunjukkan bahwa kebanyakan memilih keterampilan berbentuk soft skill yang paling penting untuk dikembangkan.

Menurut survey McKinsey, sebagian besar soft skill yang dibutuhkan oleh beberapa perusahaan tersebut di antaranya sosial, emosional, dan kognitif.

Kemampuan dasar dalam bidang digital pun diperlukan oleh beberapa perusahaan semenjak munculnya pandemi.

Berikut merupakan jenis skill yang sedang difokuskan oleh perusahaan untuk dikembangkan:

  • Keterampilan dalam kepemimpinan dan mengelola sumber daya manusia
  • keterampilan berpikir kritis dan kemampuan dalam mengambil keputusan
  • kemampuan dalam manajemen proyek
  • keterampilan beradaptasi dan pembelajar yang berkelanjutan
  • Keterampilan dalam dasar digital
  • Keterampilan interpersonal dan empati
  • Keterampilan menganalisis data dan matematika
  • Keterampilan dalam perhitungan kuantitatif dan statistika
  • Keterampilan dalam mengolah informasi yang kompleks dan menginterpretasikannya
  • Kemampuan programming dan ahli dalam teknologi informasi

Jack Kennedy, seorang ekonom dan peneliti mengatakan bahwa softskill cenderung dibutuhkan secara menyeluruh. Maka dari itu sangat penting untuk menekankannya dalam CV. Sedangkan hardskill dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas secara teknis.

Lalu, bagaimana cara mengasah skill-skill tersebut sedangkan anda hanya berada di rumah tanpa bertemu dengan orang lain? Berikut tipsnya.

Berawal dari diri sendiri

Jadilah orang yang teratur untuk diri sendiri sebelum berhubungan dengan orang lain. Anda juga bisa menjadi disiplin, tepat waktu, dan terorganisir untuk mengembangkan skill-skill tersebut.

Bangun komunikasi

Meski komunikasi jarak jauh, anda ditantang untuk dapat membangun komunikasi bagaima pun kondisinya. Hal ini dapat meningkatkan skill komunikasi anda dengan orang lain.

Ambil kursus gratis di internet

Anda juga dapat meningkatkan wawasan dengan mengambil kursus-kursus gratis di internet sesuai dengan bidang yang ingin ditekuni. Untuk menaikkan empati, anda juga dapat melihat film dan membaca buku fiksi.

Bergabung dengan komunitas daring

Softskill sulit jika ditumbuhkan jika anda hanya melakukan semuanya sendirian. Meski dalam kondisi daring, komunikasi dan menjalankan projek dalam komunitas daring anda, tentu dapat meningkatkan skill-skill tersebut.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com