Yang harus dipersiapkan untuk kembali membangun organisasi pada era New Normal

  • Share

ZONAUTARA.com – Meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang dan vaksin pun belum sepenuhnya merata, namun tak bisa dipungkiri bahwa kita banyak berharap kondisi normal cepat kembali.

Virus Corona memang tak akan tiba-tiba hilang, namun manusia juga akan terus melakukan inovasi dan adaptasi untuk melindungi diri dari penularannya. Berbagai macam lini kehidupan telah berubah dari daring menjadi luring.

Salah satunya yaitu organisai atau instansi pekerjaan. Lalu bagaimana anda, sebagai pemimpin organisasi agar dapat kembali membangun kantor di era new normal nantinya?

Mercer telah merangkum 9 hal untuk kembali membangun organisasi di era new normal.

  1. Bangun suasana dinamis dan persiapkan ruang kerja.

Jika kita kembali menghadapi new normal, maka anda dan organisasi harus dapat menyesuaikan kembali environment dalam kantor.

Bagaimana dengan kewajiban-kewajiban agar terhindar dari penularan Covid. Ruang kerja juga harus cepat dipersiapkan untuk keperluan bersama.

Baca Pula:  Manado sumbang kasus sembuh Covid-19 terbanyak di Sulut per 30 Agustus

2. Tinjau ulang WFH dan cara bekerja yang lebih fleksibel.

Tidak semua pekerjaan dapat kembali ke ruang kerja secara luring. Anda bisa merancang model kerja baru. Bagian mana saja yang masih dapat dilakukan di rumah dan bagian mana yang tidak.

3. Fokus pada kegiatan yang menjadi prioritas

Fokuskan berbagai sumber daya pada prioritas dalam pengembangan akar bisnis atau organisasi. Tinggalkan terlebih dahulu bidang-bidang yang tidak berada dalam prioritas.

4. Lakukan the new minimum

Mereduksi pengeluaran merupakan mantra utama dalam membangun suasa kerja yang baru.

5. Fokus pada penahanan biaya pengeluaran

Transformasi pada perusahaan dibutuhkan dalam hal ini. Seperti SDM dan unit mana yang cocok dengan strategi transformasi? Bagaimana skill pekerja berubah dan implikasinya terhadap organisasi?

Baca Pula:  Warga Sulut diimbau datang ke rumah sakit dan puskesmas untuk divaksin Covid-19

6. Transformasi sebagai strategi optimal

Pikirkan tipe organisasi apa yang ingin anda capai dan SDM seperti apa yang dibutuhkan dalam pemenuhan transformasi tersebut. HR berperan di sini untuk membantu transformasi perusahaan secara cepat.

7. Dukung pekerja secara kesehatan fisik, mental, dan finansial

Pekerja ingin didengar, tak hanya disuruh untuk melakukan pekerjaannya. Maka mendukung kesehatan pekerja keseluruhan penting untuk dilakukan demi kemajuan organisasi.

8. Perjelas ulang tujuan dan nilai organisasi

Nilai dan tujuan organisasi sangat penting untuk ditekankan ketika kembali ke era new normal. Dua hal tersebut menjadi akar dan motivasi kerja dan capaian selanjutnya.

9. Rancang pengalaman pekerja yang penuh semangat

Dalam suasane new normal, pekerja akan banyak mengalami tantangan baik bekerja di rumah maupun di kantor. Maka bangun suasana penuh semangat agar memotivasi pekerja.

  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com