Bersosial media memang sangat menyenangkan ketika anda berada di lingkungan yang menyenangkan pula. Sosial media juga bisa sangat menyenangkan ketika anda sendiri menikmati banyak konten yang menarik untuk anda ikuti. Namun, sosial media tak selamanya begitu hingga membuat anda lebih baik beristirahat.

Satu detik anda dapat melihat seorang selebriti menerima banyak komentar jahat, dan detik berikutnya, anda bisa melihat teman anda sedang berlibur ke luar negeri dengan menyenangkan. Media sosial membuat kita terkoneksi secara global, seolah kita berada di kolam yang sangat besar yang menggabungkan banyak ikan di dalamnya.

Jika anda mulai merasa tak percaya diri, mulai uring-uringan, atau bahkan sampai membanding-bandingkan hidup anda dengan orang lain, istirahatlah dan renungkan pemikiran tersebut.

Berikut adalah beberapa yang menjadi alasan kenapa harus beristirahat sejenak dari sosial media:

  • Melupakan prioritas

Anda pasti memiliki prioritas yang lebih penting dibandingkan dengan bermain sosial media bukan? Seperti belajar, sekolah, bekerja, dan lain-lain. Maka perlu diingat jika anda mulai bermalas-malasan dengan prioritas pertama anda, dan lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan gawai, maka anda perlu beristirahat sejenak.

  • Mulai membanding-bandingkan diri dengan orang lain

Sosial media memang tempat kita mengekspresikan sesuatu. Dari yang baik hingga buruk, semua berkumpul menjadi satu di sosial media. Jangan sampai anda membanding-bandingkan kehidupan anda dengan orang lain. Misal dengan teman anda yang mampu membeli gawai tipe terbaru, sedangkan anda tidak.

Ingatlah bahwa setiap manusia memiliki kapasitas maisng-masing. Anda bisa menjadikan kelebihan orang lain sebagai motivasi, bukan malah untuk menekan diri anda sehingga menjadi tidak percaya diri.

  • Merasa terganggu dengan apapun yang ada di media sosial

Pernahkan anda merasa terganggu ketika melihat seorang teman online anda memposting sesuatu yang sebetulnya biasa saja? Jika anda mulai merasa terganggu dengan semua hal, maka istirahatlah sejenak, renungkan bahwa apa yang anda lakukan tidak akan mengubah apapun selain menghabiskan energi anda sendiri.

  • Selalu berorientasi pada media sosial

Sedang makan siang, ckrek. Sedang berolahraga, ckrek, apapun yang dilakukan seolah wajib untuk diunggah ke sosial media. Kehidupan anda selalu anda orientasikan untuk diperlihatkan di sosial media. Ambil waktu istirahat sejenak dari sosial media jika anda melakukannya. Nikmati kehidupan anda di luar sosial media dengan sepenuh hati tanpa selalu bergantung dan memikirkan apa yang akan diposting selanjutnya.

  • Ketika media sosial tak lagi membawa bahagia

Seharusnya, media sosial merupakan kegiatan bersenang-senang. Ketika kita lelah dengan pekerjaan, maka bermain sosial menjadi salah satu cara untuk beristirahat dan menenangkan pikiran. Jika media sosial tak lagi mendatangkan bahagia, maka istirahatlah dan pikirkan kegiatan lain yang lebih membawa bahagia untuk diri anda.