Tantangan memang tak habis-habisnya mengiringi langkah dalam kehidupan. Tak hanya anda, semua manusia pun harus menghadapinya. Namun, usaha yang kita lakukan tak selamanya berhasil dan sesuai dengan apa yang kita targetkan.

Beberapa orang memiliki respon dan pandangan yang berbeda-beda dalam menghadapi tantangan. Salah satu hal yang membuat anda bisa terus maju meski dunia sedang menjungkir balikkan hidup anda, adalah dengan tetap berpikir positif.

Positif di sini bukan berarti kita menyangkal kegagalan, namun menerimanya dan mengevaluasinya untuk bangkit lagi dan berusaha lagi. Berikut merupakan cara agar anda agar tetap optimis ketika menghadapi kegagalan.

  • Tak perlu memperluas tekanan

Ketika kita merasa gagal dalam satu bidang, biasanya kita akan cenderung menghubung-hubungkan kegagalan tersebut dengan hal-hal lain yang tak ada hubungannya sama sekali.

Dengan melakukan hal tersebut, anda hanya akan memperluas tekanan dan menambah beban anda sendiri. Lebih baik anda memandang kegagalan sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, dan mulailah menganalisis secara objektif apa saja hal-hal yang menjadi penyebabnya untuk dijadikan bahan evaluasi.

  • Kontrol respon anda

Bayangkan jika dua orang diberi masalah yang sama, maka pasti mereka akan memiliki reaksi yang berbeda, bukan? Maka diri itu, pikiran dan cara pandang anda, terlebih lagi kontrol diri anda saat bereaksi memegang kendali penting di sini.

Jangan emosi terlebih dahulu dan mengurung diri karena sebuah kegagalan. Pandanglah kegagalan sebagai hal yang sementara dan jalan untuk kita mengembangkan diri agar lebih baik lagi. Renungkan dan pikirkan terlebih dahulu, kemudian berilah respon yang logis dan berorientasi pada kesuksesan anda di masa depan.

  • Tetap tenang dan objektif

Dalam menghadapi kegagalan, biasanya seseorang akan melakukan hal-hal yang impulsif. Tidak menjadi masalah jika hal-hal impulsif ini merupakan sesuatu yang positif, namun jika negatif akan menjadi masalah yang besar.

Tenangkan diri anda ketika menghadapi kegagalan. Pandang permasalah dengan kepala dingin dan objektif. Pikiran yang objektif akan mengarahkan kita pada analisis yang logis dan mengantarkan kita pada pikiran yang lebih positif.

  • Mundur? Bangkit lagi!

Kegagalan memang tak ayal membuat anda harus mundur beberapa langkah, bahkan harus mengulang kembali dari garis mulai, meski sudah jauh melangkah. Seorang pesimis akan memandang kegagalan sebagai kemunduran yang tak bisa diusahakan lagi.

Jika anda seorang yang optimis, maka bangkit kembali dan susun strategi untuk memulai semuanya.