Setiap hari, anda menapaki perjalanan hidup anda. Ada yang itu-itu saja, tak banyak berubah, kadang ada yang mengejutkan. Baik dan buruk, semuanya akan kita telan. Tak perlu mengelak jika anda merasa sedang berada di atas awan, atau di bawah. Yang paling penting, bagaimana anda bisa kembali melewati hari-hari berikutnya.

Seseorang pernah berkata, “kita tak bisa mengandalkan orang lain. Di akhir hari, kitalah yang akan menolong diri sendiri”. Anda sendirilah yang akan memberi semangat untuk diri anda. Maka dari itu, setiap hari cobalah katakan hal-hal berikut kepada diri anda sendiri.

  • Kamu berharga

Setiap manusia diciptakan dengan tujuan yang mulia. Sejauh apa usia anda saat ini dan bagaimana cara anda bangkit dari berbagai terjual, merupakan hal yang sangat patut diapresiasi.

Anda dikelilingi oleh keluarga yang penyayang, teman kantor yang ramah, atau sekadar mendapat senyum dari orang asing, ingatlah bahwa keberadaan anda sangat berharga.

  • Kamu bisa melakukannya

Tiap akan menjalani hari, ingatkan diri anda bahwa anda pasti bisa melakukannya. Melakukan apapun yang sudah anda jadwalkan hari ini. Meski anda mungkin akan menemui kegagalan, istirahatlah untuk mempersiapkan diri bangkit lagi di kemudian hari.

  • Kamu unik, tak perlu membandingkan dengan orang lain

Di dunia ini ada begitu banyak manusia, dengan keistimewaannya masing-masing. Anda pun salah satunya. Tak ada manusia yang sama persis, begitu juga anda. Maka ingatlah bahwa anda unik. Tidak ada satupun yang sama seperti anda.

Jangan pernah membanding-bandingkan diri anda dengan orang lain. Setiap orang memiliki kekurangan, kelebihan, dan latar belakang masing-masing. Jadikan kelebihan orang lain sebagai motivasi, bukan menjadi standar untuk anda. Ciptakan standar untuk diri sendiri.

  • Hari ini mungkin akan ada hal buruk

Setiap pagi, selalu persiapkan diri dengan segala kemungkinan. Tak hanya kemungkinan baik, kemungkinan buruk pun bisa jadi akan menghampiri anda. Maka ketika anda sudah menyiapkan dan mengantisipasi kemunculannya, anda tak lagi memberi reaksi buruk.

Tidak masalah jika anda menemui hari yang buruk. Istirahatlah sejenak, jernihkan pikiran, dan isi ulang energimu. Setelah itu, bangkit kembali dan susun ulang rencana anda.

  • Semua akan baik-baik saja

Sepadat apapun jadwal yang anda lewati atau setidak ramah apapun seseorang yang anda temui, hidup masih akan terus berjalan. Bagaimana pun kondisinya, ingatkan pada diri sendiri bahwa semuanya akan baik-baik saja. Tak masalah jika menemui keburukan, karena pada akhirnya, usaha apapun yang anda lakukan, andalah yang akan menganugerahi diri anda suatu pengalaman yang belum tentu dimiliki orang lain.