ZONAUTARA.com— Saat bekerja, kita butuh konsentrasi yang tinggi. Selain agar pekerjaan cepat selesai, konsentrasi juga dibutuhkan agar pekerjaan selesai dengan baik. Namun, masih banyak yang sulit berkonsentrasi saat bekerja.

Banyak gangguan dan faktor yang menyebabkan kita sulit berkonsentrasi dalam bekerja. Hal itu tak bisa dihindari. Namun, anda masih bisa melakukan hal-hal berikut agar bisa fokus saat menyelesaikan pekerjaan.

1. Buat jadwal kerja beserta waktunya

Anda perlu membuat jadwal pekerjaan yang harus anda selesaikan hari ini beserta tenggat waktunya. Dengan membuat jadwal, anda akan lebih termotivasi untuk menyelesaikannya dengan segera, dari pada menunda-nunda.

Selain itu, jadwal kerja harian juga membuat anda tak melupakan pekerjaan apa yang harus diselesaikan. Jangan sampai masih ada pekerjaan yang tertinggal ketika jam kerja anda sudah habis.

2. Prioritaskan hal-hal yang penting dan mendesak

Di antara banyaknya tugas anda, pilih pekerjaan mana yang paling mendesak untuk diselesaikan, dan kerjakan hal itu terlebih dahulu. Mengerjakan tugas yang lebih mendesak akan membuat kita lebih fokus menyelesaikannya.

3. Eliminasi gangguan dan distraksi

Ketika pekerjaan yang anda lakukan harus memfokuskan diri anda di depan laptop, biasanya, hal yang sering mengganggu tertundanya pekerjaan anda adalah notifikasi sosial media. Maka anda bisa mematikan posel pintar anda untuk sementara dan abaikan notifikasi yang masuk.

Jika ada pesan mendesak yang harus anda kerjakan lewat email, anda bisa mengambil beberapa menit untuk melakukannya, kemudian, kembalilah ke pekerjaan utama anda. Jangan terganggu dengan hal di luar itu.

4. Minta atasan anda untuk memberi tenggat waktu pekerjaan selesai

Anda akan lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan jika memiliki tenggat waktu bukan? Jangan biarkan anda sendiri yang menentukan tenggat waktu tersebut. Kemungkinan besar anda akan bersantai dan tak fokus dalam mengerjakan tugas.

Mintalah atasan anda untuk memberi tenggat waktu untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Tenggat waktu yang diberikan oleh atas anda, akan membuat anda lebih fokus, karena memiliki tuntutan untuk segera menuntaskannya.

5. Lakukan meditasi di luar jam kerja

Meditasi dapat memberi manfaat untuk meningkatkan konsentrasi kita. Lakukan meditasi ketika pagi, sebelum anda berangkat bekerja. Rilekskan tubuh anda agar siap, bugar, dan fokus saat memulai pekerjaan.

6. Jaga kesehatan badan dengan makanan sehat dan olahraga

Mengonsumsi makanan yang sehat, dan berolahraga, akan membuat tubuh anda fit dalam melakukan apapun. Begitu juga saat mengerjakan urusan kantor.

Ketika badan tidak fit, bisa jadi anda mudah mengantuk dan lelah. Hal itu juga tentunya akan mengganggu fokus anda saat menyelesaikan pekerjaan.