ZONAUTARA.COM — Seorang pemimpin, baik dalam organisasi maupun perusahaan, sangat dibutuhkan perannya. Pemimpin yang bisa memimpin organisasi dan perusahaan dengan strategi cemerlanglah yang banyak dicari.

Meski segala elemen anggota berperan penting dalam mencapai kesuksesan bisnis bersama, namun peran pemimpin sebagai motor yang menggerakkan mesin perusahaan agar berjalan sesuai yang diharapkan pun sangat penting keberadaannya. Berikut ini merupakan strategi yang dirancang oleh pemimpin yang akan membawa bisnis anda pada kesuksesan.

1. Memiliki visi, misi, dan arah gerak yang jelas

Visi, misi, dan arah gerak merupakan kesatuan yang wajib ada dalam membangun organisasi dan bisnis. Tujuan ada sebagai patokan, bagaimana kinerja sumber daya terarah ke arah tujuan tersebut. Demikian beserta misi strategis yang mengiringinya.

Pemimpin perlu membentuk dan memiliki visi dan misi yang jelas untuk perusahaannya. Ia juga perlu menjelaskan secara detail kepada rekan bisnis, karyawan, dan semua elemen, agar semua dapat bersinergi membangun bisnis ke arah dan tujuan yang sama.

2. Selalu berpegang pada data

Data menjadi sangat penting sebagai acuan dari menentukan pilihan dan mengambil keputusan. Data lah yang pertama kali berbicara ketika kondisi perusahaan sedang di atas, maupun di bawah.

Pemimpin perlu menentukan pilihan dan mengambil keputusan untuk perusahaan dengan mengacu pada data. Pemikiran terstruktur dan analitis berdasarkan data, akan mengantarkan bisnis ke arah yang lebih baik lagi.

3. Tidak membuang-buang waktu

Banyak ditemui pemimpin yang hobi membuat rapat, namun tanpa tujuan yang jelas. Rapat hanya membuang-buang waktu tanpa adanya pekerjaan maupun perubahan yang dapat dilakukan setelahnya.

Jadilah pemimpin yang tak membuang-buang waktu. Buat topik rapat dengan poin-poin pembahasan yang jelas, dan miliki kesimpulan yang jelas untuk mulai dikerjakan. Buat program kerja yang efektif dan sesuai dengan tujuan. Jangan hanya membuang-buang waktu tanpa hasil.

4. Memiliki peta jalan yang jelas

Peta jalan sangat penting demi menunjang kesuksesan sebuah bisnis. Peta jalan digunakan sebagai acuan bagaimana bisnis berjalan perlahan-lahan. Peta jalan juga memberi petunjuk di mana perusahaan berada, apa saja yang sudah diselesaikan dan apa saja yang akan dihadapi.

Pemimpin yang memiliki peta jalan akan terus berorientasi pada kesuksesan di masa depan dan penentuan strategi yang mengiringinya.

5. Terlibat penuh dalam banyak hal

Meski bisnis maupun organisasi memiliki banyak elemen sumber daya manusia beserta pembagian tugasnya, pemimpin perlu banyak tahu dengan masing-masing tugas, meski hanya pada bagian umumnya.

Ketika pemimpin mengetahui banyak hal di berbagai macam bidang, ia akan lebih banyak memiliki perspektif dan pengetahuan saat menyelesaikan masalah perusahaan.