ZONAUTARA.com — Membaca tak hanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang, namun juga meningkatkan wawasan. Namun, jangan sampai membaca hanya sekadar membaca, kemudian tak ada yang bisa dipetik dan diterapkan di dunia nyata.

Untuk memahami apa yang sedang anda baca, anda perlu memiliki kemampuan membaca yang baik. Untuk itu, beberapa tips ini bisa anda lakukan agar kemampuan membaca anda bisa meningkat.

1. Pilih buku dengan topik yang anda suka

Pertama, tentu pilihlah buku yang anda suka. Cari topik yang ingin anda cari tahu dan pelajari lebih lanjut. Apakah itu buku tentang biografi tokoh, buku motivasi, self-help, sejarah, ekonomi, bahkan buku fiksi.

Pilih beberapa buku dengan topik yang serupa. Jangan hanya satu buku sebagai referensi, agar anda bisa membandingkan isi dan pesan setiap buku.

2. Buat penanda pada poin-poin penting

Dalam buku, tentu ada bagian penting yang tak ingin anda lupakan. Perlu untuk memberi penanda pada bagian-bagian yang anda rasa penting. Bisa pada bagian kisah menarik, ide dari buku, maupun kutipan yang menarik.

Dengan memberi penanda, anda bisa lebih mudah membuka lagi buku tersebut di kemudian hari jika mau mengingat-ingat kalimat dan pelajaran yang ada di dalamnya.

3. Hubungkan satu buku dengan buku yang lain

Anda perlu membaca banyak buku untuk menghubungkan beberapa topik yang saling berhubungan. Satu buku memiliki topik utama secara terpisah. Buku lain pun demikian. Ketika anda membaca keduanya, anda bisa memiliki pengetahuan dan referensi yang utuh.

4. Tulis kesimpulan

Buat kesimpulan di buku anda tentang apa yang anda pelajari dari buku yang anda baca. Dengan memberi kesimpulan, anda jadi mengingat kembali apa saja isi buku tersebut, anda pun dapat membuka kembali isi buku dan membaca pokok permasalahannya tanpa harus membaca keseluruhan isinya lagi.

5. Baca lebih banyak buku dengan topik serupa, bandingkan

Membaca banyak buku tak hanya berfungsi untuk menambah pengetahuan dan menghubungkan permasalahannya. Membaca banyak buku juga berfungsi untuk membandingkan isi buku satu, dengan yang lainnya.

Banyak orang yang setelah membaca satu buku, ia langsung memegang prinsip-prinsip yang dijelaskan dari buku tersebut. Padahal, di luar sana, jika anda membaca lebih banyak buku, bisa jadi lebih ada prinsip yang lebih sesuai dengan diri anda.

6. Terapkan pelajaran yang anda dapatkan dalam kehidupan sehari-hari

Membaca tentu tak hanya dilakukan untuk mengisi luang. Lebih dari itu, membaca tentunya digunakan sebagai acuan bagaimana kita menjalani hari. Terapkan pelajaran baik dari buku yang anda baca.