ZONAUTARA.COM — Seiring dengan perkembangan teknologi, membuat orang tua makin was-was dengan kebiasaan anak. Kecanduan teknologi pada anak tentu bukan perkara yang menyenangkan. Orang tua perlu khawatir terhadap penggunaan teknologi pada anak dan berapa waktu yang diperlukan anak menggunakan gawai mereka.

Ada banyak akibat yang ditimbulkan apabila anak kecanduan smatphone. Di antaranya adalah, anak akan sulit tidur. Dengan bermain gawai terus menerus, si kecil akan lebih memilih gawainya daripada waktunya untuk beristirahat.

Internet juga tempat banyak konten berbahaya yang tidak patut untuk dikonsumsi anak anda. Selain itu, dengan hanya berpegang pada gawai, kemampuan bersosial anak anda tentu akan menurun.

Lalu, apa saja alternatif kegiatan dan apa yang bisa anda lakukan agar anak anda tak kecanduan smartphone?

1. Buat batasan waktu dalam bermain smartphone

Tetap kontrol dan awasi anak anda dalam bermain smartphone. Amati apa saja situs atau permainan yang ia buka. Jika perlu, setting gawai anda hanya untuk usia anak anda saja, dehingga ia tidak bisa mengakses beberapa aplikasi atau situs untuk orang dewasa.

Selain itu, tetapkan batasan waktu kapan ia bisa bermain smartphone dan kapan ia harus mengakhirinya. Tegaslah dalam menerapkan batasan waktu ini. Karena sekali anak anda ketagihan bermain smartphone, maka akan sulit menghentikannya.

2. Ikuti ekstrakulikuler

Mengikuti kegiatan positif di luar kelas, akan membantu anak anda mengisi waktu kosongnya dengan hobi yang menyenangkan. Entah les piano, balet, renang, dan masih banyak lagi pilihan yang bisa anda tawarkan pada si kecil.

Dengan menyibukkan diri melalui ekstrakulikuler, anak anda akan mengurangi aktivitasnya di depan smartphone-nya. Ia akan lebih banyak melakukan hal-hal nyata yang ada di depannya.

3. Jadwalkan waktu bermain dengan teman sebaya

Masa perkembangan dan pertumbuhan tentu perlu adanya dorongan dan support dari berbagai pihak. Selain orang tua, keluarga, dan guru, teman sebaya juga mengambil peran ini.

Bermain dengan teman sebaya akan meningkatkan kemampuan bersosial anak anda. Selain itu, beberapa jenis permainan berkelompok akan menguji solidaritas dan penyelesaian masalah anak anda dengan temannya.

4. Buat alternatif permainan lain tanpa smartphone

Anda bisa mengajak si kecil melakukan aktivitas lain selain berada di depan smartphone. Anda bisa mengajaknya bermain petak umpet, melakukan aktivitas fisik seperti berlari dan olahraga, atau melakukan bebarapa permainan papan.

Alternatif permainan ini tak hanya membantu perkembangan motoric dan sesnsorik anak, namun juga akan lebih mendekatkan anda dengan Si Kecil.