ZONAUTARA.com — Membuat perencanaan pendidikan perlu dilakukan sedini mungkin. Jika kamu masih menginjak bangku SMA, dan ingin segera merencanakan rencana studi perguruan tinggi, tidak masalah. Rencanakan sedini mungkin agar makin matang saat mengambil keputusan nanti.

Banyak faktor dan jalan untuk lolos ke perguruan tinggi. Rata-rata, jalan ini banyak ditentukan dari saat kamu masih menginjak bangku SMA. Ketika kamu merencanakan studi sedini mungkin ketika SMA, kamu akan lebih terarah dalam belajar, dan lebih bersemangat karena memiliki target ke depan.

Maka dari itu, untuk kamu yang masih awal SMA dan merencanakan kuliah, berikut tips yang harus kamu ketahui.

1. Persiapkan nilai akademik saat SMA

Banyak sekali jalur untuk masuk perguruan tinggi. Salah satunya adalah dengan jalur peningkatan nilai dari kelas 10 hingga kelas 12. Jika kamu menargetkan diri untuk lolos dalam seleksi ini, maka persiapkan nilaimu dari sekarang. Belajar yang rajin dan lakukan prosesnya degan baik. Nilai merupakan hasil yang mengiringi perjuangan keras kamu.

Selain itu, kamu juga bisa masuk perguruan tinggi melalui jalur prestasi. Maka perbanyak mengikuti kompetisi yang relevan dengan jurusan yang kamu targetkan.

Belajar dengan baik saat SMA tak hanya untuk dua jalur di atas. Namun juga bisa kamu terapkan saat melakukan tes masuk perguruan tinggi. Ketika kamu sudah menguasai pelajaran SMA dengan baik dari awal, maka tes masuk perguruan tinggi pun akan mudah dikerjakan.

2. Perbanyak informasi untuk jurusan dan kampus tujuan

Sejak awal, kamu perlu mengidentifikasi minat dan bakat yang kamu miliki. Kamu bisa melakukan konsultasi dengan guru konseling atau yang lain yang bertugas dalam penyiapan ke perguruan tinggi.

Setelah sudah menemukan minat dan bakat, maka identifikasi jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Lalu, cari kampus yang menyediakan jurusan tersebut. pertimbangkan akreditasi, lokasi, pembidangan di jurusan, dan lain-lainnya.

3. Pelajari bagaimana sistem keuangan dan beasiswa di kampus

Sistem keuangan dan beasiswa tentu menjadi sesuatu yang penting untuk kamu persiapkan dan pertimbangkan. Apakah jurusan di kampus tujuan kamu, biayanya sesuai dengan kantong kamu atau orang tua. Jika belum, kamu bisa menabung sejak dini atau mencari alternatif beasiswa beserta persyaratannya.

4. Perbanyak informasi tentang kegiatan yang bisa dilakukan di kampus

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di kampus perlu untuk dicari tahu juga, meski tak buru-buru. Kamu bisa menemukan kegiatan di luar akademik agar bisa melakukan hal lain sebagai penyegaran otak dan badan ketika sudah mulai berkuliah.