ZONAUTARA.com — Di masa pandemi Covid-19, beberapa pekerja masih bekerja dari rumah/work from home (WFH), sedangkan beberapa lainnya sudah kembali kantor/work from office (WFO) dengan menaati protokol kesehatan secara ketat. Namun, kembali ke kantor setelah sekian lama WFH bukan perkara mudah untuk beberapa orang.

Di sini, peran pemimpin sangat penting untuk kembali memberi semangat para pekerja yang sudah kembali kantor. Kesejahteraannya tentu butuh untuk dipenuhi, di tengah hiruk-pikuk pandemi dengan banyaknya perubahan yang terjadi di berbagai lini.

Jika anda seorang atasan yang ingin menyejahterakan pegawai anda ketika kembali bekerja di kantor, maka simak tips berikut ini.

1. Adakan workshop khusus

Sebagai atasan, anda perlu membuat sebuah workshop khusus dalam menyambut karyawan ke kantor. Tema workshop pun bisa beragam. Bisa motivasi agar semangat bekerja dan sehat secara mental, bisa juga anda mengisinya dengan penekanan visi misi perusahaan agar semangat pegawai kembali membara seperti semula.

2. Kehadrian HR yang kuat

Kehadiran tim untuk mengolah sumber daya manusia atau Human Resource (HR), sangat penting untuk memberi dukungan pada karyawan. Sistem HR yang kuat dapat membuat karyawan merasa tenang saat kembali bekerja di kantor, selain mengurangi kecemasan saat pandemi, juga meningkatkan semangat tim.

Agar pegawai sukses kembali ke kantor, maka komunikasi sangat penting untuk diperkokoh. HR perlu meningkatkan keterampilan komunikasi internal perusahaan, baik antara atasan dan bawahan, dan komunikasi tim secara keseluruhan.

Komunikasi yang baik dalam tim juga akan meningkatkan kesehatan mental pegawai. Ciptakan atmosfer kantor yang nyaman agar kesehatan mental semuanya dapat meningkat.

3. Kesehatan fisik

Kesehatan fisik perlu untuk diterapkan pasca pandemi saat kembali ke kantor. Buat program atau kegiatan yang membuat pegawai anda tak hanya duduk di depan layar laptop.

Beri ruang gerak, baik ketika makan siang atau kegiatan lainnya agar mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bergerak saat bekerja juga akan meningkatkan energi karyawan agar lebih semangat saat kembali bekerja

4. Upgrade prasarana dan alat pendukung kerja

Para pekerja tentu akan lebih nyaman saat bekerja jika berada di suasana yang baru. Anda bisa mengubah tata letak kantor, atau mengubah beberapa perkakas kantor. Dengan begitu, pegawai anda akan lebih bergairah untuk bekerja dari kantor.

Selain itu, alat penunjang lain juga perlu diupgrade, misalnya beberapa device, agar tak menghambat pengerjaan tugas.