ZONAUTARA.com — Sebagai seorang mahasiswa, memanajamen waktu merupakan tantangan tersendiri. Saat menjadi mahasiswa, banyak hal yang ingin dilakukan demi mengembangkan diri. Kunci agar dapat melakukan banyak hal dengan efektif dan efisien adalah dengan manajemen waktu yang baik.

Dapat melakukan banyak hal untuk mengembangkan diri, dengan manajemen waktu yang baik, adalah bekal kamu di masa depan.

Untuk itu, simak tips di bawah ini agar kamu bisa memanajemen waktu dengan baik meski sedang menjadi mahasiswa yang super sibuk.

1. Jadilah orang yang terorganisir

Menjadi orang yang terorganisir dan teratur akan membawa manfaat bagi kamu. Jadilah orang yang bisa mengatur diri anda, dari jadwal, barang-barang kamu, dan lain-lain.

Menjadi seseorang yang terorganisir akan membuatmu tetap berada di jalur yang kamu inginkan, tak mudah berbelok pada hal yang tak kamu prioritaskan.

2. Buat to do list

To do list menjadi sesuatu yang krusial di tengah kesibukan kamu sebagai seorang mahasiswa. Buat daftar kegiatan yang akan kamu lakukan dalam sehari, satu minggu, atau bahkan satu bulan. Hal ini berguna agar kamu tidak melewatkan satu pun keperjaan dan dapat menyelesaikannya di waktu yang tepat.

3. Berbagi pengalaman dengan teman

Di lingkar pertemanan anda, pasti ada salah satu orang yang selalu fokus pada apa yang dilakukan, sehingga dapat mencapai tujuan-tujuannya bukan? Dekati dia dan minta dia untuk sharing pengalamannya.

Dengan berbagi pengalaman, anda bisa mengetahui strateginya untuk menjadi seseorang yang bisa memanajemen waktu, saat kuliah. Jadikan dia inspirasi untuk kamu berkembang lebih baik lagi.

4. Jangan menjadi pemalas

Malas, menunda-nunda pekerjaan, merupakan sesuatu yang akan memperlambat kamu untuk mencapai tujuan dan kesuksesan. Maka jangan lakukan itu. Selagi kamu punya waktu untuk melakukan tugasmu, maka lakukanlah dengan segera. Jangan menundanya.

Bermalas-malasan dan menunda pekerjaan, hanya akan membuat waktumu hilang percuma. Jika itu adalah kebiasaanmu, maka kemampuan manajemen waktumu tentu buruk. Ayo, mulailah menjadi produktif!

5. Hindari distraksi

Distraksi di luar apa yang kamu lakukan perlu untuk dihindari. Salah satunya adalah sosial media. Gulir gawai anda untuk bermain sosial media hanya sekali dua kali saja ketika penat datang.

6. Berpikir tentang manfaat di masa depan

Berpikirlah tentang tujuan dan karir anda di masa depan. Maka hal itu akan memotivasi anda untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

7. Berpikirlah bahwa anda hanya bisa melakukannya satu kali

Ketika berada di dalam kelas, berpikirlah bahwa kamu hanya bisa menerima pelajaran tersebut satu kali. Dengan begitu, kamu akan fokus dan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

8. Jaga kesehatan fisik dan mentalmu

Kesehatan fisik dan mental tentu menjadi support utama dalam manajemen waktumu. Jagalah ia dengan baik. Jika kamu merasa sakit, segeralah untuk beristirahat. Jika perlu, jangan ragu untuk konsultasikan tentang kesehatanmu ke dokter atau pada yang ahli dibidangnya.