bar-merah

Bertambah 5.001 kasus positif baru, vaksin Janssen siap dibagikan untuk wilayah aglomerasi

ZONAUTARA.COM — Bertambah sebanyak 5.001 kasus positif baru, kini akumulasi kasus positif di Indonesia sejak Maret 2020 hingga saat ini menjadi 4.163.732 kasus.

Sementara, pasien yang dinyatakan meninggal sebanyak 270 orang, menjadikan akumulasi kasus kematian sejak Maret 2020 hingga saat ini menyentuh angka 138.701 kasus.

Tak hanya itu, data yang diolah dan diumumkan oleh Satgas Covid-19 pusat ini juga menyebutkan jumlah kasus kesembuhan. Sebanyak 7.586 pasien dinyatakan sembuh.

Sehingga akumulasi pasien sembuh sejak Maret 2020 hingga saat ini menjadi 3.909.352 pasien.

Jumlah spesimen yang diperiksa berjumlah 231.570 unit. Adapun kasus aktif berada di angka 115.679 kasus, setelah penurunan sebanyak 2.855 kasus dibanding kemarin.

Pemerintah masih menerapkan PPKM berdasarkan level di wilayah Jawa-Bali ataupun di luar daerah tersebut. PPKM Jawa-Bali diperpanjang hingga 13 September, sementara itu di luar Jawa-Bali PPKM diperpanjang sepekan setelahnya.

Terkait upaya vaksinasi, pada Sabtu (11/09/2021), Pemerintah Indonesia untuk pertama kalinya menerima kedatangan vaksin Janssen sebanyak 500 ribu dosis dalam bentuk jadi. Vaksin covid-19 ini merupakan dukungan kerjasama dengan Pemerintah Belanda.

“Untuk pertama kalinya, Vaksin Janssen sebanyak 500 ribu dosis dari Pemerintah Belanda, ini adalah kedatangan dukungan, kerjasama Belanda yang ketiga kalinya,” kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (11/09/2021).

BPOM, sebelumnya telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) Vaksin Janssen produksi Johnson & Johnson. Bersama dengan itu, UEA juga diberikan terhadap vaksin Convidecia produksi CanSino

Kepala BPOM Penny K Lukito menyebut, penerbitan EUA itu telah melalui penilaian bersama Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI), terhadap data mutu vaksin yang mengacu pada pedoman evaluasi mutu vaksin yang berlaku secara internasional.

Menurut Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, vaksin Janssen ini akan dibagikan ke wilayah penyangga dalam tahap awal.

“Di tahap awal ini Vaksin Janssen akan didistribusikan ke daerah aglomerasi,” kata Dante.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com