ZONAUTARA.COM — Banyak ilmuwan yang berusaha untuk mendefinisikan dan memahami bagaimana seseorang dikatakan telah dewasa dan berkembang.

Sebagai contoh, Corey Keyes mengungkapkan bahwa seseorang berkembang ketika ia telah mengalami tiga jenis kesejahteraan, yaitu kesejahteraan emosional yang melibatkan emosi positif dan kepuasan hidup, kesejahteraan secara psikologis misalnya penerimaan diri, dan kesejahteraan sosial termasuk penerimaan sosial dan integrasi diri ke dalam masyarakat.

Selain itu, Martin Seligman merangkum kesejahteraan orang dewasa, di antaranya, emosi positif, keterlibatan dan minat dalam melakukan sesuatu, dan kesejahteraan dalam hubungan, mendapatkan makna hidup, dan memiliki tujuan dan pencapaian.

Dari banyaknya definisi yang ada, Darcia Narvaez, Ph.D., seorang professor bidang psikologi di The University of Notre Dame, menyimpulkan, sebuah individu dikatakan dewasa dan berkembang ketika ia menunjukkan hal-hal berikut ini.

1. Pikiran yang tenang

Orang dewasa memiliki pikiran yang tenang, tidak terburu-buru dan impulsive saat mengambil tindakan. Ia akan memikirkan sesuatu dengan matang sebelum mulai mengeksekusi suatu tindakan. Sehingga sikap yang diambil tidak memberi dampak buruk bagi diri sendiri, orang lain, dan alam.

2. Kebahagiaan batin

Seseorang yang memiliki kebahagiaan batin menggantungkan kebahagiaan pada diri sendiri dan rasa syukurnya. Bukan karena hal-hal di luar dirinya.

3. Merasa hidup sepenuhnya

Merasa hidup sepenuhnya adalah, ketika kita merasa kitalah yang memiliki kuasa dalam menentukan sesuatu dan memaknainya. Merasa hidup sepenuhnya dapat digapai dengan memaknai setiap langkah kaki yang kita lakukan.

4. Memiliki otonomi atas hidupnya

Orang dewasa akan merasa punya kuasa atas hidupnya sendiri. Ia memiliki batasan mana hal yang bisa ia kendalikan, dan mana hal yang tidak. Ia juga sadar atas batasan privasi dan umum.

5. Menunjukkan kejujuran

Orang dewasa akan memahami bahwa berlaku jujur lebih banyak membawa manfaat dan damai daripada kebohongan yang akan menghasilkan kebohongan lainnya.

6. Memiliki selera humor

Makin tua, jangan menutup diri dengan humor. Humor dapat membahagiakan kita dan menjadi sumber damai tersendiri bagi kita.

7. Memiliki memori dan indera yang luar biasa

Orang dewasa akan lebih memaknai apa yang dilakukan, pemaknaan pada apa yang dilakukan akan membuatnya mengingat-ingat apa yang telah diperbuat dan mengasah inderanya.

8. Tahu bagaimana bergaul

Sadar bahwa kita hidup tak hanya sebagai makhluk individu namun juga makhluk sosial, kita sadar bahwa kita perlu bergaul dengan orang lain, dan bagaimana bersikap dengan orang lain sesuai situasi dan kondisi.

9. Menghormati alam

Alam adalah salah sumber kehidupan yang sangat berarti. Orang dewasa akan lebih menghargai alam dan eksistensinya yang beriringan dengan hidupnya.