ZONAUTARA.COM — Menyedihkan memang ketika orang terkasih harus berjuang melawan penyakitnya dan berbaring di atas kasur rumah sakit. Wajar jika pada masa itu, anda merasa tidak berdaya dan frustrasi. Sabar adalah kunci ketika merawat seseorang yang sedang rawat inap.

Meningkatnya rawat inap di dunia memungkinkan orang yang ada dalam rumah sakit dapat mengenal satu sama lain. Kondisi yang ada di ruang rawat inap kadang tak membuat pasien tenang, malah makin khawatir dan cemas. Maka dari itu, peran anda untuk memberi support agar ia tak lagi cemas dan dapat menghadapi sakit dengan hati yang lapang.

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memberi support orang tersayang yang sedang berbaring di rumah sakit.

1. Dampingi dia dan tenangkan

Jangan berpikir bahwa kehadiran anda tak berarti bagi orang yang anda sayangi. Kehadiran anda bisa bermanfaat bagi orang yang membutuhkan. Dukungan anda sangat penting karena pasien mengalami serangkaian emosi saat menghadapi sakitnya. Katakan padanya bahwa anda akan selalu disampingnya dan menguatkannya.

Bila memungkinkan, anda perlu datang ketika berada dalam fase perawatan. Meski pasien bisa jadi sudah memahami tentang perawatannya sendiri di luar kepala, namun kehadiran orang yang dicintai tetap penting untuk mengklarifikasi informasi, memberi dukungan moril, dan lain-lain.

Dengan pembatasan covid saat ini, mungkin kunjungan pada pasien dibatasi. Anda bisa mencari alternatif media komunikasi lain seperti telfon atau panggilan video. Bekerja samalah dengan staf rumah sakit agar dapat membantu pasien untuk melakukan akses interaksi tersebut.

2. Pahami sistem rumah sakit

Untuk merawat seseorang yang berada di rumah sakit, tentu sistem dan struktur rumah sakit perlu untuk anda ketahui. Pengetahuan dasar tentang beberapa sistem medis pasti akan membantu.

Setiap departemen memiliki aturannya sendiri untuk kunjungan. Anda perlu memahami aturan ini agar tak salah mengambil langkah.

3. Jangan takut untuk bertanya

Sebagai rekan, anda tak perlu takut jika tidak memahami sesuatu tentang perawatan atau pengobatan orang yang anda sayangi. Jangan takut untuk bertanya kepada tenaga medis jika anda kurang memahaminya.

Namun hal ini bukan berarti anda menanyakan segala sesuatu sampai mendalam. Buat janji dengan dokter dan siapkan beberapa pertanyaan yang anda sulit menemukan jawabannya di mana pun.

Selain itu juga beberapa institusi medis memiliki portal sendiri untuk memudahkan tersalurkannya informasi kepada pasien maupun orang awam.