ZONAUTARA.com — Ketika menjalani hari yang lelah dan pekerjaan yang menumpuk, tidur siang merupakan salah satu alternatif untuk mengistirahatkan diri. Namun, beberapa orang tidak memilih melakukannya. Bisa jadi karena tak memiliki cukup waktu, bisa jadi juga karena lebih memilih hal lainnya. Padahal, banyak manfaat yang bisa diambil dari tidur siang.

Waktu untuk tidur siang agar tidur cukup dalam, disarankan untuk tidur 30 menit atau lebih dapat memberi badan cukup waktu untuk memasuki fase deep sleep.

Beberapa hal berikut merupakan manfaat yang dapat anda peroleh jika melakukan tidur siang.

1. Meningkatkan kognisi

Dalam penelitian yang berjudul Exploring the nap paradox: are mid-day sleep bouts a friend or foe? Yang ditulis oleh Janna Mantua et al, menyebutkan bahwa tidur siang akan mengurangi tingkat adenosin di otak. Adenosin sendiri merupakan neurotransmitter yang mendorong untuk tidur dan berperan dalam kognisi. Tidur siang juga akan membuat otak berfungsi lebih efisien.

2. Meningkatkan imunitas

Tidur siang secara teratur dapat meningkatkan imunitas, terlebih saat adanya pandemi seperti saat ini. Di mana kita harus selalu menjaga kekebalan tubuh.

Sebuah studi dengan judul Napping Reverses the Salivary Interleukin-6 and Urinary Norepinephrine Changes Induced by Sleep Restriction melakukan penelitian pada 11 pria yang hanya tidur 2 jam saat malam. Keesokan harinya, mereka tidur siang selama 30 menit lalu tidur lelap malam harinya.

Tidur siang membantu mengurangi kadar stokin inflamasi dan norepinefrin, suatu bahan kimia yang membantu dalam mengendalikan kekebalan tubuh.

3. Mempertajam memori

Banyak penelitian yang menguji bahwa tidur siang dapat meningkatkan memori kita. Membuat suatu informasi menjadi memori yang diingat dalam jangka lebih panjang. Tidur siang yang baik dapat membantu kita lebih mengingat informasi tersebut.

Selain itu, tidur siang dapat membantu kita lebih peka terhadap berbagai rangsangan dan meningkatkan kemampuan memori episodic atau mengingat peristiwa atau suatu pengalaman tertentu.

4. Agar tak mengantuk saat menyetir

Tidur siang dapat membantu seorang supir agar tidak mengantuk saat menyetir kendaraan. Mengantuk saat menyetir tentu membahayakan banyak orang. National Highway Traffic Safety Administration merekomendasikan para pengemudi, jika pada siang hari mengantuk, maka disarankan untuk meminum kafein atau tidur siang selama dua puluh menit.

Hal ini juga akan bermanfaat bagi seorang pekerja shift yang melakukan pekerjaannya di malam hari. Mau tak mau, anda harus tidur ketika siang bukan?