ZONAUTARA.com — Selama ini anda mungkin sekadar mengenal golongan darah anda, namun tak paham apa manfaat dan maksud dalam mengenalnya. Bukan untuk mengetahui kepribadian seseorang, namun ada manfaat lebih besar ketika mengetahuinya.

Sebagai contoh sederhana, mengetahui golongan darah bisa memudahkan anda dalam melakukan donor atau menerima donor darah.

Terdapat 4 golongan darah yaitu A, B, AB, dan O. Golongan darah A memiliki antigen A pada sel darah merah dan antibody B dalam plasma. Golongan darah B memiliki antigen B pada sel darah merah dan antibodi A dalam plasma.

Untuk golongan AB, ia memiliki antigen A dan B pada sel darah merah. Namun, tidak ada antibodi A atau B dalam plasma. Sedangkan grup O tidak memiliki antigen A atau B pada sel darah merah, namun, terdapat antibodi A dan B dalam plasma. Perbedaan tanda positif dan negatif pada golongan darah berkaitan dengan rhesus (Rh).

Berikut ini beberapa manfaat anda mengetahui golongan darah.

1. Untuk mendapatkan donor yang tepat saat keadaan darurat

Tidak semua golongan darah bisa ditransfusikan ke semua tubuh, hanya golongan tertentu seperti yang telah dijelaskan di atas. Hal ini penting ketika terdapat hal darurat yang terjadi pada anda, misalnya, pembedahan, kecelakaan, dan beberapa situasi genting saat anda membutuhkan darah.

Antigen darah dapat memicu respon dalam tubuh, ketika darah yang dimasukkan dalam tubuh tidak sesuai, maka terjadi penggumpalan darah dalam tubuh. Tentu hal itu akan membahayakan tubuh.

2. Untuk melakukan donor darah

Seperti halnya ketika anda menerima donor, maka anda juga bisa menjadi seorang pendonor. Anda bisa membantu sesama dengan melakukannya, apalagi jika terdapat bencana atau kecelakaan.

Idealnya, transfusi darah dilakukan pada golongan darah dan rhesus yang sama. Namun, bisa juga untuk yang lainnya. Golongan darah AB positif dapat menerima darah dari semua golongan, namun hanya mampu mendonorkan kepada golongan AB, dan golongan darah O mampu memasok sel darah merah ke hampir semua penerima.

3. Untuk mengetahui seberapa langka golongan darah anda

Golongan darah O positif cenderung umum. Mengetahui keumuman dan kelangkaan golongan darah anda juga bisa mengantisipasi jika keadaan darurat terjadi pada anda, apakah akan cukup sulit menemukan golongan darah yang cocok, atau tidak.

4. Untuk merencanahan kehamilan yang sehat

Dalam beberapa kasus, golongan darah dapat mempengaruhi kesuburan. Penelitian menunjukkan bahwa Wanita dengan golongan darah O menghadapi risiko lebih tinggi bagi Wanita untuk hamil.

5. Mitigasi kondisi kesehatan badan

Beberapa golongan darah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi untuk terjangkit beberapa penyakit. Dengan mengetahui golongan darah, anda bisa mengantisipasi dan lebih perhatian terhadap organ tertentu agar selalu sehat.