ZONAUTARA.com – Kontigen Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang akan berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua secara resmi dilepas oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambay.

Upacara pelepasan tersebut digelar di pendopo Rumah Dinas Gubernur Sulut pada Selasa (21/9/2021).

Olly berharap seluruh atlet yang diutus menunjukkan kemampuan terbaiknya demi mengangkat nama Sulut di ajang olahraga bergengsi tersebut.

“Sejak awal kita sudah bertekad untuk tampil dengan atlet binaan daerah sendiri, dan tidak mendatangkan atlet dari luar daerah,” ujar Olly.

Olly juga berpesan agar atlet dan pelatih agar fokus sehingga bisa maksimal saat turun dalam setiap pertandingan. Kepada semua atlet, pelatih dan offisial, Olly meminta agar selalu menjaga kesehatan.

“Jangan keluyuran malam. Jangan sampai sampai di Papua, atlet malah kena Covid. Kiranya tidak beraktivitas di luar agenda, Jangan bepergian,” pinta Olly.

Kepada seluruh kontingen, Olly berharap agar tetap menjaga soliditas dan kebersamaan, dan jika ada permasalahan, langsung komunikasikan dengan ketua tim.

Pelepasan kontingen Sulut menuju PON XX Papua. (Foto: Pentak Lanudsri)

“Jangan buat kasak kusuk. Komunikasikan segera. Kalau logistik tak cukup, bilang ke ketua kontingen, kalau tidak selesai, hubungi saya nanti saya selesaikan,” ujar Olly bercanda disambut hadirin.

Seperti harapan warga Sulut, Olly berpesan agar para atlet dan pelatih serta seluruh kontingen bisa memberikan prestasi terbaik

“Harapan dan doa masyarakat ditaruhkan ke pundak kalian semua untuk mengharumkan nama Sulut di bidang olahraga. Selamat berjuang,” katanya.

Bonus

Untuk menambah motivasi kontigen Sulut, Olly menjanjikan bonus. Untuk medali emas dijanjikan bonus sebesar Rp 200 juta. Janji pemberian bonus tersebut, disambut hangat para atlet dan pelatih.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Sulut yang juga merupakan Wakil Gubernur Sulut, Seteven OE Kandouw menjelaskan bahwa kontingen Sulut berkekuatan 129 atlet yang akan berlaga di 21 cabang olahraga. Para atlet itu didampingi sebanyak 40 pelatih.

“Seluruh atlet sudah siap tampil di PON XX Papua,” ujar Steven.

Menurut Wakil Sekretaris II KONI Sulut Denny Andries sebagian atlet Sulut sudah akan bertolak ke Papua pada Rabu (23/9), karena ada cabang olahraga yang sudah akan dipertandingan pada akhir September.

Pelepasan kontingen Sulut menuju PON XX Papua. (Foto: Pentak Lanudsri )