ZONAUTARA.COM — Baru akan dibuka 3 Oktober mendatang, sejumlah cabang olahraga telah terlebih dahulu menggelar pertandingan.

Atas hal tersebut, kini Kontingen PON X Papua berhasil memperoleh dua medali emas dan satu perak.

Ketiga medali tersebut berasal dari cabang olahraga (Cabor) Kriket dan Terbang Layang, pada Minggu (26/09/2021).

Keberhasilan meraih medali tersebut dapat apresiasi dari Ketua Kontingen Papua, Mathius D. Fakhiri.

“Sebagai ketua kontingen, saya juga mewakili semua masyarakat Papua, kita bersyukur bahwa atlet-atlet kita bisa meraih dua emas dan satu perak,” ujar Fakhiri.

Raihan prestasi tersebut, diharapkannya, dapat menjadi pendorong bagi atlet Papua lain yang baru akan berlomba pada hari-hari mendatang.

“Ini untuk motivasi untuk kita semua, mudah-mudahan setiap hari kita mendapatkan emas untuk nama besar Papua,” kata Fakhiri.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda. Ia merasa bangga atas sumbangan dua medali emas dan satu perak yang disumbangkan para atlet Papua.

“Puji Tuhan kita sudah dua emas, kita expect Papua tidak hanya sukses pelaksanaan, tapi juga prestasi,” kata Yunus.

Sumbangan emas perdana Papua diraih oleh Andri Abdul Rohman, dari Cabor Terbang Layang, pada nomor presisi putra, lalu Tim Kriket Putri pada nomor super 6. Sementara, tim Kriket Putra kalah dalam pertandingan final super 6, melawan Bali, dan mendapat perak.

Meski begitu, Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda, tetap merasa bangga atas sumbangan dua medali emas dan satu perak yang disumbangkan para atlet Papua.

Yunus juga meyakini, kesuksesan yang akan berhasil diraih Papua bukan hanya sukses menggelar PON XX.

“Tapi juga prestasi,” kata Yunus.