Pastikan PON XX aman, BNPB sebar mobil masker di empat pusat pertandingan

Nila Zuhriah
Penulis Nila Zuhriah
Sumber : Pixabay



ZONAUTARA.COM — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menurunkan Gerakan Mobil Masker di empat wilayah pusat pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Langkah tersebut digelar guna memastikan perhelatan tersebut berlangsung aman melalui protokol kesehatan yang ketat demi mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Riswandi, Ketua Subsatgas Prokes Kota Jayapura pada Sabtu (25/9) akhir pekan lalu.

“Tujuannya adalah agar event besar seperti PON ini terselenggara dengan sukses dan aman dari Covid-19,” kata Ruswandi.

Kegiatan Mobil Masker dan kampanye protokol kesehatan khususnya menyasar wilayah yang berpotensi menimbulkan kerumunan, seperti di Lapangan Mandala, Gelanggang Olahraga (GOR) Cendrawasih, Lapangan Universitas Cenderawasih, Jembatan Youtefa, GOR Politeknik Penerbangan, dan GOR Waringin.

Selain itu, juga akan ditempatkan 6 gerai masker di pusat-pusat kegiatan selama kelangsungan PON XX. Riswandi menyebut, sebanyak 1.000 masker akan dibagikan ke masing-masing gerai setiap hari.

Tak hanya mobil masker, penguatan protokol kesehatan juga dilakukan melalui kampanye dan edukasi protokol kesehatan secara langsung kepada para atlet, pendamping atlet/official, dan masyarakat di sekitar venue pertandingan.

Adapun operasi pembagian masker di Kota Jayapura sudah dimulai pada Sabtu (25/9). Total 12 ribu masker yang dibagikan hari itu.

Penguatan protokol kesehatan di Kota Jayapura itu didukung oleh 123 relawan prokes PON XX Papua dari berbagai lembaga.

Tak tanggung-tanggung, guna mematangkan penyelenggaraan program tersebut, para relawan yang bertugas sudah terlebih dahulu diberi kegiatan peningkatan kapasitas.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com