ZONAUTARA.COM — Cabang olahraga panahan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021, dipertandingkan di kompleks olahraga kampung harapan, Jayapura, Rabu (29/09/2021).

Total sekitar 20 provinsi, ikut berlaga dalam cabang olahraga tersebut, untuk memperebutkan 15 medali emas, 15 medali perak, dan 15 medali perunggu.

Laga tersebut dipertandingkan mulai 29 September, hingga 9 Oktober 2021.

Provinsi yang mengikuti laga tersebut, diantaranya: Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, DI Yogyakarta, Banten, Bali, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Aceh, DKI Jakarta, Lampung, Jambi, Jawa Barat, Papua dan Papua Barat.

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman, mengatakan, sejarah Indonesia meraih medali emas di olimpiade yaitu melalui cabang olahraga panahan. Dia berharap, melalui PON XX Papua, ini bisa menjadi awal kebangkitan olahraga panahan.

“Panahan ini bisa seperti cabang olahraga bulutangkis dan angkat besi. Karena, kemampuan atlet-atlet kita ini naik maka peringkat kita juga pasti akan naik,” ujar Ketua KONI Pusat, Marciano Norman.

Oleh karenanya, kata Marcio pada Pengurus Besar Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PB Perpani) ia berharap melalui iven nasional ini akan lahir atlet-atlet yang baru dan akan menjadi atlet masa depan Indonesia.

“Untuk itu, PON XX harus dilaksanakan sebaik-baiknya, junjung tinggi fairplay dan sportivitas harus tetap dijaga agar dapat menghasilkan atlet yang berprestasi yang tidak hanya menjadi kebanggaan daerahnya tapi juga menjadi kebanggaan Indonesia,” terang Marciano Norman.

Purnawirawan TNI berpangkat Letnan Jenderal itu juga berpesan kepada Pemprov Perpani Papua dan masyarakat Papua khususnya untuk dapat menjaga fasilitas panahan yang telah dibangun dan dapat memanfaatkannya untuk pembinaan usia dini.

Marciano Norman menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan tugas dari PB Perpani untuk lebih giat lagi mensosialisasikan tentang olahraga panahan.

“Ini juga olahraga yang betul-betul bisa menjadi andalan dan kebanggan kita semua,” tandasnya.