ZONAUTARA.COM — Penyelenggaraan PON XX Papua 2021, dimeriahkan oleh keikutsertaan sejumlah masyarakat lokal.

Tak terkecuali, Sanggar budaya Agimuninameng, yang menyumbang tarian Suku Amungme di sela waktu istirahat pertandingan bola basket 5X5, di Mimika Sport Complex (MSC), Rabu (29/09/2021).

Tarian yang dipersembahkan oleh 18 mama-mama dan bapa-bapa asli suku Amungme, di lokasi pertandingan, menjadi bagian dari dukungan masyarakat lokal untuk suksesnya PON XX di bumi Amungsa Tanah Kamoro.

Hal tersebut disampaikan oleh pimpinan sanggar Agimuninameng, Yohana Maria Anggaibak.

“Kami menunjukkan tarian suku Amungme ini sebagai bentuk dukungan kepada PON XX di daerah ini, kami menari dengan lagu-lagu bahasa daerah,” ujarnya.

Yohana yang juga salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN), di lingkup Pemerintah Daerah Mimika ini mengatakan bahwa, lewat tarian ini, masyarakat Agimuga yang tergabung dalam sanggar ini sangat mendukung PON XX. Sebagai orang asli suku Amungme, maka harus mendukung perhelatan akbar yang baru pertama dilaksanakan di Kabupaten Mimika ini.

“Kita yang punya rumah, kita tuan rumah, kita yang punya tuan, kita harus tunjukkan yang punya tempat ini ada tuannya, jadi PON ini harus sukses karena kita,” Ujarnya.