TIMIKA, ZONAUTARA.com – Tim Bola Basket Sulawesi Utara (Sulut) berhasil menang di laga perdana cabang olahraga Bola Basket 5 x 5 putra PON XX Papua 2021 usai melawan Provinsi Bangka Belitung (Babel), pada Rabu (29/9/2021) di Mimika Sport Compleks (MSC) SP 2 Timika, Papua.

Ungul dengan poin tipis, Sulut mampu taklukkan Babel dengan skor 92 – 91 lewat babak overtime atau perpanjangan waktu lima menit, usai kedua tim bermain imbang 777-77 di akhir quarter keempat.

Jalannya Pertandingan

Pada kuarter pertama, Sulut sudah menunjukkan penampilan garang. Victor dan kawan-kawan berhasil unggul tujuh poin dari Babel 17-10.

Memasuki kuarter kedua, Bebel  berusaha bangkit. Namun tim Sulut membentuk pertahanan yang tidak mudah ditembus dan menyisihkan point Babel 46-22.

Selanjutnya, di kuanter ketiga pertandingan semakin panas, riuh redah suporter kedua tim membuat suasana MSC bergemuruh. Sulut terus memimpin 63- 52. Namun pada kuarter keempat, Babel melalui Antoni Erga Cs berhasil menyamakan kedudukan 77-77.

Karena skornya imbang, dilakukan penambahan waktu 5 menit. Sulut dan Babel terus menyamakan kedudukan. Pertandinganpun berjalan sangat sengit di menit-menit penentuan ini. Namun akhirnya, Fernando Franco berhasil membawa tim Sulut menang di pertandingan perdana ini.

Fernando menjadi pencetak poin terbanyak untuk Sulut yakni 28 poin. Kemudian disusul Tangkulung dan Tandayu yang mencetak 11 poin. Sementara pencetak poin terbanyak tim Babel adalah sang kapten Erga yakni 24 poin, kemudian disusul Khiando 23 poin dan Falentino 15 poin.

Tim Bola Basket Sulut akan kembali bertanding melawan Jawa Tmur pada besok hari, Kamis (30/9/2021). Dan di hari yang sama Babel akan bertemu Bali.