ZONAUTARA.COM — Sejumlah UMKM Kota Jayapura mencari peruntungan di perhelatan PON XX Papua 2021, tak terkecuali Rumah Kopi Jalan Proyek (RKJP) Waena, Kota Jayapura.

Pemilik kedai RKJP, Anna Hikinda, menyajikan berbagai rasa dan teknik racikan. Dirinya juga mengaku meraup keuntungan besar dari kesempatan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Anna saat ditemui wartawan di sela-sela kesibukannya melayani pelanggan.

“Puji Tuhan, sejak buka dari pagi hingga jelang tutup banyak yang pesan,” Kata Anna.

Bersama beberapa rekannya, Ana, sejak tanggal 22 September lalu, oleh Sub. PB PON Kota Jayapura, ditempatkan di Venue Softball dan Venue Baseball, Kompleks Rektorat Uncen, Waena, Kota Jayapura. Anna sendiri memiliki spesialisasinya dalam menjual kopi dan aneka racikannya, sementara rekan-rekannya yang lain menjajakan aneka jualan yang bervariasi.

Disebutkan Anna, Kopi yang menjadi andalan RKJP selama perhelatan acara olahraga terbesar se-Indonesia ini adalah Kopi jenis Arabika yang berasal dari dataran tinggi Papua seperti Tiom, Sabin, Abmisibil, dan Wamena. Kopi Arabika Dataran Tinggi Papua ini diperoleh melalui kerjasama dengan Highland Roastery (HR). Selain mendapat dukungan dari HR, aku Anna, RKJP juga mendapat dukungan dari Komunitas Kopi Numbay.

“Banyak yang suka latte, penikmat kopi susu, kopi V60 dan juga Espresso.” kata Anna.

Menyinggung tentang keuntungan yang diperoleh setiap hari, keuntungannya tergolong lebih signifikan dibandingkan beberapa kegiatan yang pernah diikutinya. Pasalnya, setiap hari ia mampu meraup untung sebesar satu juta rupiah. Pelanggan yang mampir ke tendanya juga beragam, mulai dari official, atlet, wartawan, relawan, fotografer, petugas keamanan, dan penonton. Menurut Anna, pelanggan yang paling sering mampir di tendanya berasal dari kontingen Provinsi Lampung.

“Mereka suka kopi Papua, banyak yang memberi pujian.” ujar Anna dengan bangga.

Hadirnya PON XX Papua 2021 ini, bagi Anna dan rekan-rekannya adalah berkah dan menambah pengalaman mereka.

Selama berjualan, mereka banyak berinteraksi dengan berbagai atlet dari berbagai daerah. Sehingga ada saja saran serta pengalaman-pengalaman baru yang mereka peroleh untuk pengembangan usaha mereka.

Anna lantas menyampaikan terima kasih kepada Sub PB PON Papua, melalui Dinas Pariwisata, Dinas Perindagkop, maupun Dinas Sosial Kota Jayapura.

“Terima kasih, karena sudah memberikan kesempatan untuk kami menjual di dalam kompleks Venue.” tandas Anna dengan wajah sumringah.