ZONAUTARA.com — Teknologi saat ini berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Kita pun perlu untuk memahami atau minimal tahu tentang hal-hal luar biasa tersebut.

Gejolak teknologi yang ada di depan mata ini juga mendorong para pelaku bisnis tetap up to date.

Mengutip dari thebigthink, CompTIA, sebuah komunitas teknologi berkembang, merilis daftar tahunan tentang teknologi baru teratas. Uniknya, kali ini fokus mereka adalah pada teknologi baru yang memiliki potensi paling besar dalam bisnis jangka pendek.

Berikut ini merupakan 5 teknologi yang akan mengubah dunia dengan cepat dan potensial bagi bisnis versi ComTIA.

5G dan internet of things

Bagi bebarapa orang, mungkin teknologi 4G yang ada saat ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mau berapa G lagi? Mungkin itu pertanyaan yang terlintas di benak anda.

Namun nantinya, 5G bisa jadi memiliki kecepatan 100 kali lebih cepat daripada 4G. 5G juga lebih mengurangi latensi dan menyediakan sinyal yang lebih andal.

Selain itu, teknologi nirkabel yang dibawa oleh 5G juga akan berpengaruh pada Internet of Things (IoT). IoT akan menjadi kunci kehidupan yang futuristic dengan teknologi sebagai kunci utama pembangunannya.

Artificial Intelligence (Kecerdasan buatan)

Mesin yang memiliki kecerdasan buatan ini akan di-training hingga memiliki kecerdasan serupa yang dimiliki oleh manusia.

Artificial Intelligence (AI) juga pandai dalam melakukan tugas yang spesifik, seperti penerapannya dalam google maps dan asisten virtual, seperti siri atau google assistant. Penggunaan AI akan diproyeksikan lebih beragam dari apa yang sudah ada saat ini.

Komputasi kuantum

Komputasi kuantum akan memecahkan masalah lebih cepat dan lebih akurat dalam beberapa kasus. Terutama perihal adanya supercomputer.

PC kuantum merupakan teknologi yang menjadi tulang punggung dari teknologi-teknologi lainnya agar diwujudkan lebih cepat.

Mesin tersebut telah diwujudkan saat ini. IBM telah mengumumkan rencana membuat versi 1000 qubit pada tahun 2023.

Blockchain

Teknologi blockchain saat ini telah naik daun dan mendominasi bisnis digital. Ia memiliki sistem catatan dan penyimpanan yang tak terpusat atau desentralisasi. Berarti, ia akan sulit kehilangan data atau catatannya dan sulit pula untuk merusaknya.

Dari situ, blockchain kini banyak menarik perhatian berbagai organisasi dan perusahaan, karena sistemnya yang potensial dan luar biasa.

Sistem blockchain bisa menyimpan catatan rumah sakit yang melimpah, sistem voting pemilu yang aman, melacak logistic rantai pasokan internasional, dan lain-lain. Menakjubkan bukan?

Robotika

Saat ini, robot telah banyak dikembangkan dalam berbagai macam fungsi. Ia banyak melakukan tugas-tugas yang seharusnya bisa dilakukan oleh manusia, seperti menjadi pelayan, melakukan pengiriman, dan membersihkan ruangan.

Robot mungkin akan mengancam beberapa pekerjaan manusia. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa penggunaan robot menjadikan pekerjaan lebih dinamis. Maka dari itu, manusia terus berupaya untuk meningkatkan kualitasnya.