ZONAUTARA.com — Ketua Umum Koni Sulut, Steven O. E. kandouw, menyatakan, jika berhasil menang dan mendapat medali emas, ada bonus Rp200 juta untuk masing-masing atlet Bola Basket 5×5 Putra Sulawesi Utara (Sulut) yang akan berlaga melawan DKI Jakarta, di final PON XX Papua, yang akan berlangsung hari ini, Sabtu (09/10/2021), di GOR Basket Mimika Sport Complex.

“Pertandingan basket sudah final, basket itu sebelas orang, kalo emas, sebelas-sebelasnya dapat 200 juta,” kata Ketua Umum Koni Sulut, Steven O. E. kandouw, Sabtu (9/10/2021).

Menurut Kandouw, para atlet harus diberikan apresiasi khusus, karena sudah memberikan inspirasi kepada generasi milenial Sulut yang dominan pencinta Basket, bahwa dengan tekad, semangat, dan disiplin, anak muda Sulut bisa bicara di level nasional.

“Saya akan ke Timika, mensupport Tim Basket Putra yang sudah menciptakan sejarah,” ujar Wakil Gubernur Sulut itu.

Tim Bola Basket Putra Sulut telah menciptakan sejarah baru sepanjang keikut sertaan mereka di ajang PON, karena untuk pertama kalinya bisa masuk empat besar, semifinal hingga final.

Tergabung dalam Pool B bersama Bali, Bangka Belitung, Jawa Timur (Jatim), dan tuan rumah Papua, Sulut mengawali pertandingan dengan megalahkan Bangka Belitung lewat skor tipis 92-91.

Selanjutnya, perlawananan Jatim dikandaskan dengan skor tipis, 76-72. Di babak penyisihan berikutnya, Sulut menundukkan Bali dengan skor 86-56.

Satu-satunya kekalahan Sulut dialami saat melawan Papua dengan skor 74-62, namun kekalahan itu tidak berpengaruh bagi Sulut yang melaju ke semifinal dengan memuncaki pool B.

Dipartai semi final melawan Jawa Tengah (Jateng), Sulut hampir saja menelan kekalahan. Bagaimana tidak, dari quarter pertama sampai ketiga, tim basket Jateng terus memimpin perolehan poin.

Pada quarter pertama, kedua tim terlihat bermain rapi, namun, tiga angka Jateng menggungguli Sulut, dengan skor 21 – 8.

Pada quarter kedua, terlihat Tim Jateng semakin dominan dalam pertandingan sehingga tetap menggungguli Sulut dengan skor 30 – 22. Pada quarter ketiga, Tim Jateng tetap unggul dengan skor 48 – 39.

Barulah pada quarter keempat, Sulut berhasil bangkit dan memberikan perlawanan sengit bagi Jateng. Permainan tim Sulut makin menggila sehingga pada quarter keempat berhasil mendominasi permainan hingga skor akhir 65 – 57 tanda kemenangan tim basket Sulut.

Kemenangan tim Sulut ini menjadi sejarah bagi Sulut; pertama kalinya bisa masuk final. Bahkan, sepanjang keikutsertaannya di ajang PON, baru kali ini Sulut bisa menembus empat besar, Semi Final, hingga final.