bar-merah

Kalah namun membanggakan, Tim Basket putra Sulut berhasil raih perak pertama kali di PON

Tim Basket Putra Sulut meraih medali perak setelah kalah dari Tim Basket Putra DKI Jakarta di Final Basket 5x5 PON XX Papua. (Foto: Ronny Adolof Buol)

ZONAUTARA.com — Perjuangan Tim Basket 5×5 Putra Sulawesi Utara (Sulut) untuk meraih medali emas di PON XX Papua 2021 harus terhenti, setelah kalah 72-57 dari Tim Basket DKI Jakarta.

Meski Sulut kalah pada pertandingan yang digelar hari ini, Sabtu (09/10/2021), di GOR Mimika Sport Complex (MSC), Pelatih Roland Lengkong, bersyukur dengan capaian anak-anak asuhannya.

“Puji Tuhan ini berkat Tuhan yang luar biasa untuk daerah kami,” ungkap Roland.

Kekalahan ini dianggap sebuah kebanggaan dan sejarah baru bagi Sulut, karena Tim Basket Sulut akhirnya bisa berhasil maju hingga ke babak final, jauh melampaui target. Bahkan ini adalah medali perak pertama sepanjang keikut sertaan Sulut pada cabang olah raga Bola Basket di PON.

Saat pertandingan tadi, Sulut sempat unggul 2-0, di dua menit quarter pertama berkat lemparan bebas Andrew Lensun, namun, DKI Jakarta berhasil menyamakan skor 2-2, dan terus memimpin permainan dengan skor penutup quarter pertama, 21-17.

DKI Jakarta semakin memimpin di quarter kedua, dengan mencetak skor 34-22. Sulut masih kesulitan mengejar angka di quarter ketiga, dan masih tertinggal oleh DKI Jakarta, 58-43.

Akhirnya, Sulut harus mengakui kehebatan lawan, dan merelakan medali emas. Tim Jakarta menang dengan skor 72-57. Dengan begitu, Tim Sulut berhak mendapatkan medali perak.

Di kubu Tim Sulut, Fernando Manansang tercatat  memiliki statistik terbaik, yaitu 15 poin dan lima rebound. Sementara, Patrick Nikolas menjadi pemain terbaik untuk DKI Jakarta dengan 14 poin, 13 rebound, dan satu assist.

Pelatih Roland Lengkong mengakui keunggulan pemain DKI Jakarta. Dia juga memberi masukkan kepada Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI), agar lebih sering mengadakan pertandingan di daerah agar bisa menyesuaikan dengan pemain-pemain di pulau Jawa.

“Kami di daerah terbentur dengan kompetisi yang sangat kurang, jika seimbang, kami rasa bisa kita menyesuaikan dengan pertandingan tim-tim yang ada di pulau Jawa, yang notabenenya secara kompetisi lebih baik dari kami. Kami minta untuk Perbasi Perbanyaklah pertandingan-pertandingan di daerah,” ucapnya kepada wartawan, usai pertandingan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com