ZONAUTARA.com — Perjuangan para atlet Sulawesi Utara (Sulut) di PON XX Papua sangat membanggakan. Pencapaian medali dari masing-masing cabang olahraga (Cabor) di PON kali ini berhasil melampaui PON Jabar 2016 silam.

“Secara umum, sudah dibuktikan secara empiris, kita lebih baik dari PON lalu (Jabar). PON lalu cuma satu emas, delapan perunggu,” kata Ketua Umum (Ketum) KONI Sulut, Steven O. E. Kandouw, Selasa (12/10/2021).

Sampai hari ini, Selasa (12/10/2021), 17 medali sudah dikantongi Sulut; dua medali emas, empat perak, dan 11 perunggu. Medali emas disumbangkan Angelina Runtukahu dan Prays Karundeng, dari cabor Muaythai.

Medali Perak diraih dari Fransisca Siagian dan Gisella Lasut dari cabor menembak, Jehvan Tawaluyan dari cabor Muaythai, Tim Basket Putra, dan Aquinas Miki Wowor lewat cabor selam.

Sedangkan untuk medali perunggu, masing-masing diraih Gisella Lasut dari cabor Menembak, Hizkia Lesar cabor Taekwondo, Minarty Palangda cabor Muaythai, Mikleyman Manoppo cabor Pencak Silat, Veronica Nicolaas cabor Tinju, Aquinas Miki Wowor cabor Selam, Regi Tampenawas cabor Paralayang, Novelia Gabriella Manuhutu cabor Kempo, Alifah Auralia cabor Layar, Ikhsan Rumbay cabor Bulutangkis, dan Paolo Maldini Setiamu dari cabor Karate.

Kandouw juga menyampaikan agenda kedepan untuk langsung melakukan persiapan dan pembibitan.

“Jadi, agenda-agenda ke depan kita langsung mulai lagi, jangan tunda-tunda lagi untuk melaksanakan pembibitan dan persiapan,” pungkasnya.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id