ZONAUTARA.COM — Diprediksi dapat terjadi akhir tahun, seluruh komponen daerah diminta waspada mengenai potensi gelombang ke-3 penularan Covid-19.

Tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ganip Warsito, saat meninjau Posko relawan Sulut Hebat Kompak Lawan Covid-19 di Manado, Sulawesi Utara, pada Sabtu (09/10/2021).

“Ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi di bulan Desember,” kata Ganip.

Diketahui, bulan Desember memiliki dua momentum besar, yaitu Hari Natal dan pergantian tahun. Dari pengalaman terdahulu, libur pada periode tersebut memicu keinginan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan, misalnya dengan mengadakan perjalanan berlibur.

Pada saat bersamaan, akhir tahun juga diikuti periode pergantian cuaca, yang akan mempengaruhi daya tahan tubuh, menyebabkan mudah terserang penyakit.

“Karena di situlah saat Nataru (Natal dan Tahun Baru), di situlah adanya pergantian cuaca. Ini yang menjadi suatu ancaman peningkatan Covid-19,” ujar Ganip.

Namun, Ganip optimis bahwa prediksi gelombang ketiga itu dapat dicegah dan dikendalikan melalui kunci pencegahan dan mitigasi penularan Covid-19, yaitu melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat, serta vaksinasi.

Selain itu, dia menyebut, pemerintah juga telah menemukan pola penanganan pandemi.

Demi mencegah terjadinya ledakan kasus di akhir tahun, kedua upaya tersebut harus senantiasa dilakukan.

Lebih lanjut, menurut Ganip, upaya tersebut perlu ditambahi penguatan tracing, tracking dan treatment-nya, kemudian perkuat vaksinasinya.

“Tiga itu rumusnya. Kalau itu kita sudah oke, saya yakin kita bisa mengendalikan Covid-19 ini,” pungkas Ganip.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id