ZONAUTARA.com – Hadirnya pasar atau marketplace fotografi berbasis NFT (Non-Non-fungible token) telah mengubah cara kita berpikir tentang fotografi dan penyimpanannya.

Beberapa tahun sejak fotografi digital menjadi populer, kepemilikan hak cipta atas foto sering menjadi permasalahan. Siapapun bisa memiliki foto anda dan menggunakannya sesuka mereka, meski hak milik foto tersebut tetap berada di tangan anda.

Menelusuri siapa yang menggunakan foto menjadi sesuatu yang terasa sulit. Tak jarang foto kita sudah banyak kali digunakan oleh orang lain, tetapi kita baru mengetahuinya belakangan.

Pasar NFT untuk fotografer bertujuan untuk mengatasi masalah ini. Keaslian dan keterbukaan dijamin karena terintegrasi ke dalam blockchain. Jadi, terlepas dari berapa banyak orang yang menyukai foto Anda dan mengambil tangkapan layarnya, Anda tetap memiliki kepemilikan dan hak yang dapat dialihkan atas gambar tersebut.

Kini pasar NFT sedang meroket, karena beberapa pemilik akun di marketplace NFT sukses menjual aset digital mereka. Pendapatan mereka dari NFT bukan saja hanya datang dari hasil penjualan, tetapi juga datang dari pembayaran royalti. Dan inilah sesungguhnya salah satu keunggulan NFT, royalti akan terus terbayarkan saat salah satu aset digital berpindah tangan.

Transaksi foto kini juga sedang bersiap beralih ke pasar NFT, baik untuk menjual foto sendiri maupun membeli foto orang lain. Apakah anda juga sudah siap terjuan ke pasar fotografi NFT? Untuk sekadar menjadi referensi, berikut kami sajikan 5 marketplace NFT yang dikutip dari makeanapplike.com.

5 rekomendasi marketplace NFT

Membuat keputusan untuk menjual karya foto anda di marketplace NFT agak berbeda dengan membuat karya Anda dikurasi di galeri.

Beberapa platform bersifat eksklusif dan mengharuskan fotografer untuk mengirimkan aplikasi, sedangkan yang lain terbuka untuk siapa saja yang ingin menggunakannya. Beberapa platform diarahkan ke media tertentu, seperti musik atau fotografi, sementara yang lain lebih bersifat terbuka.

Apakah anda tidak yakin harus mulai dari mana? Sifat blockchain, di sisi lain, membuatnya mudah untuk berpindah antar pasar, jadi jangan ragu untuk bereksperimen sebelum membuat komitmen jangka panjang.

1. OpenSea

OpenSea mengklaim sebagai NFT Marketplace For Photography terbesar di dunia, dengan lebih dari 4 juta item dan 200 kategori untuk mendukung klaimnya atas gelar tersebut.

Salah satu fitur paling menonjol dari marketplace ini adalah pengalaman orientasi yang mudah diikuti bagi pengguna yang baru mengenal ruang cryptocurrency – yang mencakup tutorial tentang cara memilih dompet kripto terbaik, cara menavigasi pasar, dan topik lainnya.

Selain itu, OpenSea memberi penjual opsi untuk membuat etalase menampilkan barang-barang mereka – sesuatu yang belum terlihat di sejumlah besar platform perdagangan non-tradisional lainnya.

Dengan begitu banyak persaingan di OpenSea, mungkin sulit menjadi menonjol dari yang lain. Namun, ada banyak kolektor yang ingin membeli karya anda, jadi jangan ragu untuk mencoba!

Dalam hal biaya, OpenSea memiliki pengaturan yang sangat wajar: anda hanya perlu membayar biaya pendaftaran satu kali, dan biaya transaksi berikutnya menjadi tanggung jawab pembeli.

2. Rarible

Di pasar NFT foto milik komunitas ini, “pemilik” Rarible memegang token ERC-20 RARI, yang mereka gunakan untuk bertransaksi. Pengguna aktif di platform yang membeli atau menjual di pasar NFT diberi token RARI, yang dikeluarkan oleh Rarible. Setiap minggu, pihaknya mendistribusikan 75.000 RARI.

Secara khusus platform ini menempatkan penekanan kuat pada aset seni. Dengan menggunakan Rarible, kreator dapat “mencetak” non-fungible token (NFT) baru untuk menjual kreasi mereka – baik itu buku, album musik, seni digital, atau film.

Pembuatnya bahkan dapat menunjukkan cuplikan kreasi mereka kepada siapa saja yang mengunjungi Rarible, tetapi hanya pembeli yang dapat melihat produk jadi.

Saat ini, Rarible dapat juga digunakan sebagai marketplace NFT untuk fotografi.

3. AtomicMarket

AtomicMarket adalah kontrak cerdas yang menyediakan likuiditas bersama di pasar NFT dan digunakan oleh sejumlah situs web. Likuiditas bersama mengacu pada fakta bahwa segala sesuatu yang terdaftar di satu marketplace muncul di semua marketplace lain juga.

Marketplace untuk Atomic Asset, adalah NFT berdasarkan teknologi blockchain EOS yang tersedia di platform eosio. Pemilik Atomic Asset dapat membuat token dan membuat aset digital, serta membeli, menjual, dan melelang aset melalui marketplace berbasis Atomic Asset, yang terbuka untuk siapa saja.

Dengan menggunakan AtomicMarket, anda dapat membuat daftar NFT anda sendiri untuk dijual sambil juga menelusuri daftar yang ada. NFT dari koleksi terkenal ditandai dengan tanda centang terverifikasi, sehingga lebih mudah untuk membedakannya dari NFT palsu. Koleksi yang berbahaya bagi publik dimasukkan dalam daftar hitam.

4. Portion

Portion adalah NFT Marketplace For Photography yang memungkinkan fotografer untuk menjual karya mereka dan menyimpan karyanya, sementara kepemilikan dilacak di Ethereum Blockchain dan secara otomatis ditransfer tanpa perlu perantara.

Komunitas kolektor yang mapan di Portion pasti akan tertarik dengan banyaknya kreator dan karya-karya mereka yang tersedia di platform.

Bergabung dengan Portion sebagai kreator memerlukan proses penyelesaian aplikasi di mana anda harus menunjukkan portofolio anda.

Masuk ke Portion dengan status terverifikasi memberi anda eksposur yang lebih setara kepada kolektor dalam jangka waktu yang lebih lama daripada kreator lainnya.

5. SuperRare

SuperRare terutama ditujukan sebagai marketplace NFT bagi yang ingin membeli dan menjual karya seni digital edisi terbatas yang unik.

Setiap karya seni dibuat secara otentik oleh anggota jaringan dan diberi token sebagai barang digital koleksi kripto yang dapat anda miliki dan perdagangkan dengan anggota jaringan lainnya.

SuperRare mengklaim sebagai “Instagram meets Christie,” yang menyediakan cara baru bagi orang untuk berinteraksi dengan seni, budaya, dan koleksi di internet.

Di SuperRare, setiap karya seni adalah koleksi digital, yang merupakan objek digital yang dilindungi oleh kriptografi dan dilacak di Blockchain. SuperRare telah menciptakan jaringan sosial untuk penggunanya. Mengingat fakta bahwa koleksi digital memiliki catatan kepemilikan yang transparan, koleksi ini ideal untuk digunakan dalam lingkungan sosial.

Saat ini SuperRare bekerja dengan sejumlah kecil kreator yang dipilih dengan cermat. Anda dapat mengirimkan profil anda untuk dipertimbangkan dan dengan mengisi formulir di situs web mereka.

Marketpalce NFT lainnya

Selain 5 marketplace NFT yang cocok untuk menjual dan membeli foto yang sudah disebutkan di atas, berikut markteplace NFT lainnya:

  1. Nifty Gateway
  2. Ephimera
  3. Foundation
  4. Hic et Nunc
  5. Unique One Photo
  6. Known Origin
  7. Mintable


=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id