KEBERUNTUNGAN – Mempunyai kehidupan yang beruntung tentu menjadi impian setiap orang. Semua orang pasti menginginkan kebahagiaan. Dengan memperhatikan weton, anda mungkin bisa tahu apakah anda akan bahagian dan beruntung.

Weton merupakan kearifan suku Jawa yang diwariskan dari para leluhur. Suku Jawa dikenal kaya akan ada istiadat dan kebudayaan. Sal;ah satu adalah kitab Primbon Jawa.

Dalam kitab Primbon Jawa, ada yang dikenal dengan istilah weton, atau hari kelahiran. Weton Jawa dihitung dengan menggabungkan hari dalam seminggu dengan lima hari pasaran Jawa.

Hari dalam seminggu adalah Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Sementara hari pasaran dalam kalender Jawa ada lima, yakni Pahing, Wage, Kliwon, Pon dan Legi.

Kombinasi hari lahir dengan hari pasaran itulah yang disebut dengan Weton. Jadi anda harus mencari tahu hari apa anda lahir dan hari itu dalam kalender Jawa termasuk hari pasaran apa.

Sehingga dalam weton penyebutannya seperti Senin Pahing, Senin Legi, Rabu Wage, Jumat Kliwon dan sebagainya.

Weton pemikat

Nah, menurut kitab Primbon Jawa, setidaknya terdapat 5 weton yang mempunya kharisma menarik simpati orang lain. Pemilik weton ini sangat mudah disayangi oleh orang lain.

Tanpa perlu usaha yang lebih, para pemilik weton ini akan mudah didekati orang dan tentu ini bisa menjadi modal dalam pergaulan.

Tetapi anda para pemilik weton ini mesti juga bijak agar tidak menyalahgunakan kelebihan yang anda miliki karena memiliki weton ini.

Berikut kelima weton yang mudah memikat orang dan gampang disayangi orang:

1. Minggu Wage

Neptu yang dimiliki oleh orang yang lahir pada weton Minggu Wage adalah 9. Mereka yang lahir dengan neptu 9 pada Minggu Wage cenderung memiliki sifat yang mudah iba dengan kondisi orang lain.

Para pemilik weton ini tidak segan-segan menolong orang lain yang sedang ditimpa kesusahan atau kemalangan.

Begitu juga, weton Minggu Wage adalah orang yang pintar memberi penghiburan bagi orang lain yang sedang jatuh susah.

Karena sifat mereka seperti itu, jangan heran weton Minggu Wage mudah disayangi oleh orang disekitarnya, bahkan oleh orang yang baru dikenal sekalipun.

Weton bahagia
Photo by Hassan OUAJBIR

2. Senin Wage

Weton berikutnya yang mudah disayangi oleh orang dan mudah menarik simpati orang lain adalah weton Senin Wage.

Dengan neptu berjumlah 8, orang yang lahir pada Senin Wage selalu didatangi oleh orang terdekat mereka, baik itu teman ataupun saudara.

Mereka datang untuk mencurahkan apa yang sedang mereka alami. Weton Senin Wage sering sekali menjadi tempat curhat karena orang yang memiliki weton ini bisa menjadi pendengar yang baik.

Satu kelebihan dari weton ini adalah memiliki sifat murah hati dan suka memberi. Dia selalu didatangi orang yang butuh pertolongan.

Jadi jangan heran, jika weton Senin Wage mudah sekali disayangi orang dan cepat memikat hari orang lain.

3. Senin Kliwon

Adapun neptu dari weton Senin Kliwon adalah 12. Jika anda sedang mencari sosok yang bertanggungjawab, cari orang yangg lahir dengan weton Senin Kliwon.

Orang yang lahir pada weton ini dikenal sangat menjaga keluarganya dan rela berkorban agar keluarganya tetap utuh. Begitu juga dengan persahabatan, weton ini dapat diandalkan.

Dalam perkataan, pemilik weton ini juga sangat pintar memilih perkataan yang lembut sehingga tidak menyinggung perasaan lawan bicara.

Weton ini juga mempunya sifat pemurah hati dan tidak menyimpan perasaan lebih hingga menimbulkan dendam.

Dengan sifat-sifat yang dimiliki orang yangg mempunyai weton ini, sehingga mereka mudah disayangi oleh orang lain.

Weton
Photo by Nina Uhlíková

4. Selasa Wage

Weton keempat yang mudah memikat orang lain dan disayangi adalah Selasa Wage, yang mempunyai angka neptu 7.

Meski orang yang lahir dalam weton ini memiliki sifat pencemburu, suka seenaknya dan kaku dalam pergaulan, tetapi mereka mempunyai sifat pemaaf dan tidak menyimpan dendam.

Weton ini dikenal juga dengan suka menolong orang yang sedang dalam kesusahan serta memiliki hati yang sangat mulia.

Dengan hati yang mulia itu, tidak heran, orang dengan weton ini mudah sekali menarik simpati orang lain sehingga disayangi oleh orang di sekitarnya.

5. Rabu Legi

Adapun weton terakhir yang mudah menarik simpati dan disayangi orang adalah Rabu Legi, dengan neptu sebanyak 12.

Orang yang terlahir dengan weton ini adalah orang yang sangat menghormati orang lain, mempunya sikap jujur dan berusaha adil dalam segala tingkah lakunya.

Weton ini juga dikenal berpendirian kuat, setia dan bijaksana sehingga sangat mudah menarik simpati orang lain.

Demikian bahasa tentang 5 weton yang dapat memikat orang lain dengan mudah karena mereka memiliki beberapa kelebihan sifat yang akan mendekatkan mereka dengan banyak orang.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id