ZONAUTARA.com – Sulawesi Utara (Sulut) merupakan provinsi yang mempunyai banyak pulau. Dari 15 daerah kabupaten dan kota yang ada di Sulut, hanya dua daerah yang tidak memiliki pulau.

Kedua daerah itu adalah Kota Tomohon dan Kota Kotamobagu. Selain itu, 13 daerah wilayah administrasinya meliputi pulau-pulau.

Sulut sendiri mempunyai tiga daerah kepulauan, yang secara geografis wilayahnya terdiri dari pulau-pulau. Ketiga daerah itu adalah Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulaun Sangihe dan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro.

Definisi pulau

Menurut UN Convention on The Law of The Sea (UNCLOS 1982) Article 121, pulau adalah massa daratan yang terbentuk secara alami yang dikelilingi air dan tidak tenggelam pada saat pasang tertinggi.

Pada definsi ini kawasan mangrove, batu dan gosong tidak termasuk sebagai kriteria pulau. Demikian pula pulau yang tidak terbentuk secara alami seperti pulau buatan atau pulau hasil reklamasi tidak dapat dikategorikan sebagai pulau.

Definisi ini digunakan oleh Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Definisi lain menyebut, pulau adalah tanah atau daratan yang dikelilingi air dengan luas lebih dari benua dan lebih besar dari terumbu karang.

Kumpulan pulau dinamakan pulau-pulau atau kepulauan yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai archipelago.

Batasan pulau ini membuat syarat sebuah daratan dapat disebut pulau jika memenuhi kriteria berikut:

  • memiliki lahan daratan
  • terbentuk secara alami bukan lahan reklamasi
  • dikelilingi oleh air baik air asin (laut) maupun air tawar
  • dan selalu berada di atas garis pasang tertinggi

Berapa banyak pulau di Sulut?

Pencarian angka pasti berapa banyak pulau yang masuk dalam wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Utara cukup merepotkan. Berbeda sumber berbeda pula angkanya.

Rujukan yang digunakan oleh Zonautara.com adalah data yang tersaji pada Sistem Informasi Nama Rupabumi (Sinar) yang dikelola oleh Badan Informasi Geospasial (BIG), sebagai lembaga yang memfasilitasi penyelenggaran nama rupabumi di Indonesia.

Data yang diolah dari sinar.bip.go.id itu diperoleh jumlah 363 pulau nama rupabumi sebagai pulau. Pengecekan juga dilakukan pada data Direktori Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan, terdapat 4 pulau kecil di Minahasa Selatan pada Sinar BIG masuk ke dalam wilayah Minahasa Tenggara.

Menurut Undang-Undang 27 Tahun 2007 jo UU no. 1 tahun 2014, pulau kecil adalah pulau dengan luas kurang dari 2.000 km2 (kilometer persegi). Sedangkan pulau besar adalah pulau yang luasnya lebih dari 2.000 km2.

Beberapa nama pulau dari data yang diperoleh tidak diketahui masuk di wilayah kabupaten atau kota mana di Sulut.

Selain itu, Zonautara.com juga melihat data yang ada di Gazeter Republik Indonesia (GRI) Tahun 2021 yang diterbitkan oleh BIG. Penerbitan GRI itu sesuai dengan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi.

Nama rupabumi dikenal pula sebagai nama geografis atau toponim, yang secara sederhana merupakan nama yang diberikan pada unsur rupabumi atau unsur geografis, baik unsur alami maupun unsur buatan manusia.

Daftar nama pulau di Sulut

Dengan olah data, berikut tersaji nama-nama pulau yang ada di Sulut. Anda dapat menyortir nama pulau sesuai abjad dan juga dapat memfilter sesuai dengan wilayah administrasi kabupaten/kota.

Data pulau yang ada di Sulut ini bisa jadi belum lengkap. Jika pembaca mempunyai informasi lain tentang pulau yang ada di Sulut, dapat mengirim datanya melalui email: [email protected]




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id