ZONAUTARA.com – Bertepatan dengan peringatan Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Internasional yang jatuh pada 27 Juni, Win Store dan Win Kitchen diluncurkan dengan tujuan mengintregasikan penyediaan fasilitas bagi perempuan wirausaha untuk peningkatan kapabilitas pengusaha perempuan.

Bertempat di Rumah Alam Manado Adventure Park, Senin (27/06/2022), Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga, meresmikan WIN Store dan WIN Kitchen, didampingi Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Wali Kota Manado Andrei Angouw, Rita Maya Tumuntuan selaku Ketua TP-PKK sekaligus Ketum Dekranasda Provinsi Sulut, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, Chairwoman Womenpreneurs Indonesia Networks (WIN) Diah Yusuf, beserta jajaran pemerintahan terkait.

“Kalau perempuan sudah berdaya secara ekonomi, ketika kita bicara pengasuhan, ketika kita bicara kekerasan, pekerjaan, dan masalah perkawinan anak, ini akan bisa kita selesaikan, ucap Bintang.

“Dan kami di Kementerian, soal pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan kami fokuskan terhadap perempuan prasejahtera, perempuan kepala keluarga dan perempuan penyintas, apakah dia penyintas bencana maupun penyintas kekerasan seksual,” tambahnya.

Sebagai bentuk dukungan, pihak PLN juga turut memberikan bantuan kepada Win Store dan Win Kitchen.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulut, Sulteng, dan Gorontalo, Leo Basuki mengatakan pihaknya akan membantu dalam penerapan penggunaan kompor induksi, agar lebih terjangkau dan aman.

Peresmian WIN Store Manado, di Rumah Alam Manado Adventure Park, Senin (27/06/2022) (Foto: Novita Wenzen/zonautara.com)

“Kami selalu berusaha melakukan kampanye penggunaan kompor induksi, karena kompor induksi adalah kompor yang efisien. Kami punya rencana untuk bisa mengedukasi para pelaku usaha, sebut saja pedagang kaki lima, supaya proses produksinya lebih murah dan paling lebih penting lebih aman,” ucap Leo Basuki.

Sementara itu Diah Yusuf selaku Chairwoman WIN menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kompentensi, pengusaha perempuan perlu difasilitasi, dan butuh dukungan dari berbagai pihak.

Launching WIN Store dan WIN Kitchen Manado, dihadiri oleh Menteri PPPA, dan jajaran Pemerintah Sulut, di Rumah Alam Manado Adventure Park, Senin (27/06/2022) (Foto: Novita Wenzen/zonautara.com)

“Karena infrastruktur fisik harus digabungkan dengan pembangunan sumber daya manusianya agar bisa memberikan hasil yang optimal dalam jangka panjang bagi pemberdayaan perempuan pengusaha di Indonesia,” kata Diah.

WIN Kitchen adalah dapur pembelajaran memasak yang bisa dimanfaatkan oleh perempuan pengusaha di bidang kuliner yang akan bekerjasama dengan penyedia peralatan memasak dan tenaga ahli melalui program yang komprehensif. Harapannya produk yang dihasilkan lebih sehat, berkualitas, higienis, dan ramah lingkungan.

Rita Maya Tumuntuan Ketua TP-PKK Sulut, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, Deputi Bidang Kesetaraan Gender PPPA Lenny Rosalin, dan Chairwoman WIN Diah Yusuf melihat langsung penggunaan kompor induksi di WIN Kitchen (Foto: Novita Wenzen/Zonautara.com).

Terealisasinya WIN Store dan WIN Kitchen Manado, berkat dukungan PLN, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulut, Modena, dan Rumah Alam. Fasilitas yang dibangun memanfaatkan Faba (fly ash and bottom ash), berupa limbah batu bara dari PLN.

“Mari lanjutkan kolaborasi ini untuk mendukung Womenpreneurs Indonesia, yang siap melakukan transformasi bisnisnya menjadi lebih tangguh dan berdaya tampil menjadi pemain global,” kata Diah.

Dalam kegiatan tersebut, Diah Yusuf turut melantik sejumlah pengurus Indonesia Counsil for Small Business (ICSB) Regional Sulut periode 2022-2024.

Pelantikan pengurus ICSB Sulut oleh Diah Yusuf, Chairwoman WIN (Foto: Novita Wenzen/Zonautara.com).


=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id