ZONAUTARA.com – Provinsi Sulawesi Utara (disingkat Sulut) adalah salah satu provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi. Ibu kota Sulut adalah Kota Manado, yang juga menjadi pusat pemerintahan.

Sulut berbatasan dengan Laut Maluku dan Samudera Pasifik di sebelah timur, Laut Maluku dan Teluk Tomini di sebelah selatan, Laut Sulawesi dan provinsi Gorontalo di sebelah barat, dan provinsi Davao del Sur (Filipina) di sebelah utara.

Penduduk Sulut pada tahun 2021 berjumlah 2.655.970 jiwa, dan luas wilayahnya adalah 13.892,47 km2. Di Sulut terdapat 287 pulau dengan 59 di antaranya berpenghuni.

Wilayah administratif Sulut terbagi menjadi 4 kota dan 11 kabupaten dengan 1.664 desa/kelurahan.

Sulut terbagi menjadi dua zona yaitu zona selatan yang berupa dataran rendah dan dataran tinggi serta zona utara yang meliputi kepulauan. Zona ekonomi eksklusif Sulut mencapai 190.000 km2 dengan pesisir pantai sepanjang 2.395,99 km dan luas hutan mencapai 701. 885 hektare.

Wilayah Sulut juga memiliki banyak gunung berapi, dikarenakan letaknya yang berada di tepian Lempeng Sunda.

Dalam tabel di bawah ini, disajikan data seluruh desa dan kelurahan yang ada di Sulut, sesuai letak wilayah administrasi kabupaten/kota.

Olah data: Tim Data Zonautara.com

Silahkan melakukan pencarian berdasarkan Kabupaten/Kota dan memfilter berdasarkan kecamatan (klik di header Kecamatan). Daftar ini dapat didownload atau diprint dan dikonversi menjadi file .pdf

Daftar Desa dan Kelurahan di Sulawesi Utara




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id