bar-merah

Populasi kawasan urban semakin bertambah, di perdesaan terus menurun

populasi
Pergeseran populasi rural ke urban

Diolah: Tim Data Zonautara.com

Populasi di kawasan urban (perkotaan) di Indonesia sejak 1960 terus meningkat tajam. Kondisi ini membuat daerah perkotaan semakin padat dan membutuhkan dukungan sumber daya yang kuat.

Sementara itu populasi di kawasan rural (perdesaan) sejak 1993 menunjukkan trend penurunan dibandingkan populasi di rural. Bahkan pada 2011, populasi di urban telah melampaui total populasi urban di seluruh wilayah Indonesia.

Kawasan perkotaan (urban) adalah wilayah yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman perkotaan, pemusatan dan distribusi pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.

Kawasan perdesaan (rural) adalah wilayah yang mempunyai kegiatan utama pertanian, termasuk pengelolaan sumber daya alam dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman perdesaan, pelayanan jasa, pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com