bar-merah

Kominfo Sitaro bantu pimpinan daerah pantau kinerja OPD lewat aplikasi

ZONAUTARA.com – Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menyiapkan aplikaso Dashboard Monitoring Data Pelaporan. Nantinya aplikasi ini diharapkan membantu pimpinan daerah untuk memantau kinerja setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Menurut Plt Kepala Diskominfo Sitaro Gandawari Mulalinda, saat ini pihaknya masih pada tahap pengumpulan data dari semua OPD.

“Masih menginvetarisir ketersediaan bentuk atau jenis data pelaporan yang dikelola OPD,” kata Mulalinda, Senin (30/01/2023).

Ia membeberkan, untuk tahun ini Diskominfo akan menargetkan sudah bisa diselesaikan minimal sebagian besar data masuk di aplikasi.

Sejauh ini, kata Mulalinda, akan lebih mudah ketika OPD tersebut memiliki Aplikasi, datanya bisa langsung di integrasi ke aplikasi, dibanding harus di isi manual. Namun, ada kendala yang ditemui yakni aplikasi beberapa OPD ternyata di kelola pemerintah pusat atau luar daerah.

“Nah yang sulit ketika aplikasi dikelola dari luar, kita harus menyurat untuk bisa intregasi data, kalau diijinkan langsung bisa kalau tidak maka kita terpaksa input manual,” urainya.

Menurut Mulalinda, aplikasi dashboard monitoring data pelaporan ini digunakan untuk membantu pimpinan daerah melihat kinerja atau progres pekerjaan secara real time.

“Nantinya pimpinan bisa langsung memantau setiap hari dan setiap saat di dalam aplikasi misalnya mengecek penyerapan anggaran masing-masing OPD, boleh dilakukan setiap saat dan dimana saja selama memiliki jaringan internet,” ungkapnya.

Mulalinda juga membantah jika aplikasi ini hanya untuk data keuangan, nantinya semua akan di akomodir.

“Tidak hanya keuangan semua data termasuk jumlah guru, sekolah, serta data pertanian atau lainnya akan tersedia di sini,” tambahnya.

Dia berharap kerjasama semua OPD untuk penyediaan data, sehingga aplikasi ini bisa secepatnya diselesaikan dengan ketersediaan data dan memberikan hak akses untuk mengintegrasikan data yang berada di aplikasi.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com